Pengguna Netflix Merosot di Spanyol, Ini Penyebabnya

0
Vision Pro

Gadgetdiva.id — Sebuah riset bahwa Netflix kini kehilangan lebih dari satu juta penggunanya di Spanyol selama tiga bulan pertama tahun 2023. Informasi ini disampaikan oleh riset pasar Kantar.

Tercatat bahwa terjadi pembatalan langganan juga meningkat sebanyak tiga kali lipat selama kuartal pertama tahun 2023. Angka ini ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Disinyalir penurunan pengguna Netflix ini disebabkan kaerena kebijakan pemblokiran sharing password (berbagi password). Di bulan Februari lalu, Spanyol menjadi salah satu negara pertama yang memeprkenalkan pembayaran untuk pengguna yang membagikan akun mereka.

Melansir dari Insider, dalam rilis pendapatan kuartal pertama Netflix pada 18 April lalu, menyatakan bahwa pihaknya telah memperkirakan penurunan pengguna. Hal tersebut dianggap mereka bersifat sementara sebelum para pengguna sharing password ini mulai mendaftar untuk akun mereka sendiri.

Netflix

Netflix sendiri menyatakan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mendeteksi password saat dibagikan pada orang-orang di luar rumah tangga. Alias mereka yang membagikan password akun mereka ke pengguna lain.

Perusahaan sebelumnya menyatakan bahwa menggunakan kombinasi alamat IP dan ID perangkat untuk menentukan apakah akun digunakan di lokasi yang benar. Jika pengguna ingin berbagi akun mereka dengan seseorang di luar rumah mereka, mereka dapat membayar “anggota tambahan” dan menambahkannya ke akun.

Fitur ini hanya tersedia di beberapa negara. Sebelumnya, telah diuji di beberapa negara seperti Costa Rica, Chili dan Peru. Kemudian, fitur pemblokiran sharing password ini diperluas hingga New Zealand, Kanada, Spanyol dan Portugal.

Netflix sendiri telah menguji aturan lain yang bertujuan untuk menghapus pembagian password. Termasuk kode akses sementara untuk berpergian.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan