Google Mau Hilangkan Password Akun, Aman Pakai Passkey

0
indosat dan nvidia
one cloud with a key and text: password, concept of computer, web, network (3d render)

Gadgetdiva.id — Google ingin mengganti cara mengamankan akun, tidak lagi pakai password tapi passkey. Hal ini menjawab keresahan banyak orang yang merasa ribet menggunakan password.

Google kabarnya telah membuat metode keamanan baru bernama passkey untuk menggantikan fungsi password. Metode baru ini dianggap lebih aman dan anti-hacker sehingga pengguna bebas khawatir saat login ke layanan Google.

Dilansir melalui ABC News, Jumat, 5 Mei 2023, Google telah membuat passkey untuk bisa digunakan di perangkat apa saja. Tidak hanya di ponsel Android tapi juga laptop, iPhone, Mac atau komputer berbasis Windows.

Paasword

Passkey adalah salah satu metode keamanan baru yang dianggap sebagai alternatif yang lebih canggih. Dibanding password yang harus mengetikkan huruf atau angka, passkey mengirimkan teks berupa kode konfirmasi.

Pengguna tidak harus melihat kode passkey yang dikirimkan langsung, tapi layanan Google, seperti Gmail misalnya, akan menggunakan passkey untuk berkomunikasi langsung antarperangkat yang dipercaya, baik itu ponsel maupun komputer.

Yang harus dilakukan pengguna hanya memverifikasi identitas di perangkat menggunakan kode PIN untuk buka kunci perangkat, menggunakan metode biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah, atau metode keamanan yang lebih rumit lainnya.

Selama ini banyak pengguna perangkat teknologi yang kewalahan dengan password. Alih-alih mengamankan akun dan data pribadi, hacker justru bisa dengan mudah menebak password pengguna.

Selain dibayang-bayangi kecanggihan hacker, pengguna juga kadang malas mengganti password secara berkala. Pasalnya, mereka mengaku kerap lupa dengan password perangkat yang rutin diganti.

Yang menarik, banyak pengguna yang tidak ingin ribet mencari karakter password yang digunakan. Kadang mereka main aman dengan menggunakan tanggal lahir, atau ada juga yang menggunakan angka 1 sampai 9, atau memiliki password yang muda ditebak seperti ‘passsword123’ dan lain-lain.

Sebuah riset yang dilakukan pengembang aplikasi password manager, NordPass, menemukan jika banyak penggunakan saat ini yang menggunakan ‘Password’ sebagai kata kunci. Sekalinya sudah memiliki password yang unik dan rumit, tahu-tahu, lupa.

Lalu bagaimana langkah menggunakan passkey? Pertama adalah dengan mengaktifkannya terlebih dahulu di perangkat utama.
1. Pilih satu perangkat utama
2. Masuk ke akun Google
3. Kunjungi g.co/passkeys
4. Pilih ‘Start Using Passkeys”

Langkah berikutnya adalah menciptakan passkeys yang akan menghubungkan perangkat utama dengan perangkat lainnya. Pilih di tombol ‘Create a Passkey’ di akun Google anda. Jika passkey muncul, perangkat akan memberikan notifikasi.

Jika kamu akan menggunakan PC yang tidak bisa menciptakan passkeys, maka akun Google di PC akan menampilkan kode QR yang bisa discan menggunakan kamera smartphone, lalu akan muncul tombol Set Up Passkey.

Dari situ, setiap kita ingin masuk ke akun Google maka yang diisi hanya kolom alamat email. Tak ada lagi kolom password. Nah, ketika alamat email sudah dimasukkan, pengguna akan mendapatkan notifikasi atau pesan melalui ponsel untuk kemudian butuh verifikasi melalui sidik jari atau pengenalan wajah di ponsel.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan