Aplikasi

China Hapus Jutaan Postingan dan Tutup Ribuan Akun Media Sosial

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Administrasi Cyberspace China (CAC) melaporkan bahwa pihaknya telah menghapus 1,4 juta postingan di media sosial pada Jumat (26/5). Hal ini dilakukan setelah penyelidikan selama dua bulan atas dugaan kesalahan informasi, pencatutan ilegal dan peniruan identitas pejabat negara.

Penghapusan postingan media sosial tersebut diikuti oleh penutupan 67.000 akun yang juga menjadi bagian dari kampanye perbaikan. Berikut juga dengan ratusan ribu postingan antara 10 Maret dan 22 Mei.

OpenAI Perluas Layanan ChatGPT untuk Pengguna iOS di Luar AS

Penghapusan postingan dan penutupan akun media sosial tersebut dilakukan pada beberapa platform seperti WeChat, Doyin dan Weibo yang termasuk dalam kategori “self media”. Istilah tersebut merujuk pada akun yang menerbitkan berita dan informasi tetapi tidak dikelola pemerintah atau disetujui negara.

Dari 67.000 akun yang ditutup secara permanen, CAC menyatakan bahwa hampir 8.000 akun dihapus karena telah menyebarkan berita palsu, rumor dan informasi berbahaya. Sedangkan, sekitar 930.000 akun lainnya menerima hukuman yang tidak terlalu berat.

Mulai dari penghapusan semua pengikut hingga penangguhan atau pembatalan hal istimewa untuk menghasilkan keuntungan.

Dalam kampanye terpisah, regulator baru-baru ini menutup lebih dari 100.000 akun yang diduga salah merepresentasikan pembawa berita dan agensi media. Hal ini dilakukan untuk melawan munculnya liputan berita palsu online yang dibantu oleh teknologi AI.

Di hari Jumat sendiri, CAC menyatakan kampanye terbarunya telah menargetkan hampir 13.000 akun militer palsu dengan nama seperti “Chinese Red Army Command”, “Chinese Anti-terrorist Force” dan “Strategic Missile Force”.

Sekitar 25.000 akun lainnya menjadi sasaran karena menyamar sebagai lembaga publik. Di antaranya ialah pusat pengadilan penyakit dan pencegaran serta lembaga penelitian milik negara.

Di sisi lain, hampir 187.000 dihukum karena menyamar seabgai bisnis media berita. Sedangkan, lebih dari 430.000 diduga meanwarkan nasihat profesional atau layanan pendidikan tanpa memiliki kualifikasi profesional yang relevan.

Sekitar 45.000 akun ditutup akibat isu hangat, pengejaran pengaruh dan monetisasi ilegal. Regulator menyatakan telah secara aktif berkoordinasi dengan keamanan publik, pengawasan pasar dan departemen lain. Guna memberikan hukuman berat dan memperbaiki ‘media mandiri’ ilegal tersebut.

“(Kami) juga mengimbau mayoritas warganet untuk berpartisipasi aktif dalam pemantauan dan pelaporan (self-media ‘ilegal’), memberikan petunjuk dan bersama-sama menjaga dunia maya yang bersih,” ungkap pihak CAC.

China sendiri telah “membersihkan” dan menargetkan miliaran akun media sosial sejak 2021 lalu. Hal tersebut merupakan upaya untuk mempermudah kontrol oleh pihak yang berwenang.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Youtube Stories Akan Setop Beroperasi Pada 26 Juni Mendatang
Aplikasi

Youtube Stories Akan Setop Beroperasi Pada 26 Juni Mendatang

Gadgetdiva.id — Google, melalui Youtube, mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan oper..

OpenAI Perluas Layanan ChatGPT untuk Pengguna iOS di Luar AS
Aplikasi

OpenAI Perluas Layanan ChatGPT untuk Pengguna iOS di Luar AS

Gadgetdiva.id — Platform ChatGPT besutan OpenAI telah tersedia dalam sebuah aplikasi iOS. ..

Siap-Siap! Netflix Bakal Mulai Kenakan Biaya Buat Akun Sharing Password
Aplikasi

Siap-Siap! Netflix Bakal Mulai Kenakan Biaya Buat Akun Sharing Password

Gadgetdiva.id — Netflix mulai serius untuk menumpas akun-akun penggunanya yang didapati me..

Manfaatkan Teknologi AI, Microsoft 365 Copilot Bawa Ragam Fitur Baru
Aplikasi

Manfaatkan Teknologi AI, Microsoft 365 Copilot Bawa Ragam Fitur Baru

Gadgetdiva.id — Microsoft 365 Copilot resmi dikenalkan oleh Microsoft pada awal tahun 2023..


;