TikTok Uji Coba Chatbot AI Bernama “Tako”, Ini Perbedaannya dengan Platform Lain

0
TikTok Shop

Gadgetdiva.id — TikTok dikabarkan sedang melakukan uji coba tahap awal terhadap chatbot bertenaga AI baru-baru ini. Chatbot tersebut bernama Tako.

“Kami sedang dalam tahap awal mengeksplorasi alat chatbot dengan uji terbatas Tako dengan pengguna tertentu di Filipina,” cuit TikTok yang dikutip pada Selasa (30/5).

Menurut penjelasan TikTok, Tako merupakan alat bertenaga AI untuk membantu pencarian dan penemuan konten di TikTok. Sederhananya, chatbot ini akan merekomendasikan video dan menjawab pertanyaan terkait konten apa yang ingin ditonton oleh pengguna.

TikTok menambahkan bahwa chatbot Tako ini didukung oleh asisten obrolan pihak ketiga. Fitur ini dirancang untuk membantu dan mempermudah pengguna dalam menemukan konten yang menghibur dan menginspirasi.

Meski masih dalam tahap awal pengujuan, TikTok nampaknya menampilkan Tako dengan cukup menonjol dalam aplikasi tersebut. Pintasan untuk menggunakan asisten AI tersebut berada di menu kanan utama di samping ikon bookmark dan likes.

Keunggulan yang dibawa Tako nampaknya serupa dengan yang dibawa oleh chatbot My AI milik Snap yang dapat dijadikan teman mengobrol sebab dapat merekomendasikan ide hadiah untuk ulang tahun teman, merencanakan perjalanan hiking atau menyarankan resep makan malam.

Perbedaannya ialah Tako diposisikan oleh TikTok sebagai alat bagi pengguna untuk menemukan konten baru dan mempelajari lebih lanjut terkait apa yang sedang dibahas oleh klip yang ditampilkannya.

Tako sendiri bukan satu-satunya cara TikTok bereksperimen dengan AI generatif. Perusahaan juga menguji avatar buatan AI, namun belum mengumumkan rencana peluncuran ke pengguna yang lebih luas.

Untuk saat ini, belum jelas seberapa serius TikTok dengan teknologi tersebut. Dalam pernyataannya, perusahaan menyatakan bahwa mereka belum memiliki rencana di luar tes awal dari Tako ini.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan