Aplikasi

Cara TikTok Berantas Penyebaran Misinformasi Jelang Pemilu 2024

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Pesta demokrasi rakyat turut dihiasi oleh beredarnya hoax alias misinformasi di media sosial, termasuk TikTok. Apalagi, Pemilihan Umum (Pemilu) semakin dekat.

Terbukti dari data yang diterbitkan oleh TurnBackHoax.id. Data tersebut menyatakan bahwa tingkat hoax terkait isu politik mencapai 53,9 persen dari Januari hingga November 2023. Sementara, ada sebanyak 2.045 konten hoax yang beredar di internet.

Cara Pakai Fitur yang Bikin Nyaman Penderita Buta Warna di Gojek dan Tokopedia

Menanggapi hal tersebut, TikTok telah melakukan berbagai cara untuk melindungi keamanan penggunanya dalam bermedia sosial. Mulai dari sisi platform maupun sisi pengguna.

Dari sisi TikTok, platform memiliki tim moderasi yang mampu memadukan teknologi mesin dan tim moderasi manusia. Sebelum konten hendak diunggah, konten tersebut akan melewati beberapa proses moderasi terlebih dahulu.

Mulai dari analisis konten secara otomatis. Jika tidak ditemukan indikasi adanya pelanggaran dan lolos proses tersebut, maka konten bisa langsung ditayangkan.

“Sedangkan jika terkena flagging, nanti akan diteruskan ke moderasi manusia untuk ditinjau ulang. Jika lolos, maka konten akan terunggah. Dan sebaliknya, jika tidak sesuai dengan Panduan Komunitas kami, maka konten tidak akan ditayangkan,” jelas Head of Communications TikTok Indonesia Anggini Setiawan dalam acara Workshop Jurnalis yang digelar oleh Forwat pada Jumat (1/12).

Sementara dari sisi pengguna, TikTok telah membebaskan pengguna untuk mengendalikan algoritma mereka sejak akun pertama kali dibuat. Sehingga, konten yang muncul di laman For You sesuai dengan preferensi mereka.

Pengguna juga dapat mengontrol konten apa saja yang dapat dihindari dengan melakukan beberapa hal. Misalnya, memanfaatkan fitur “tidak tertarik” untuk video yang tidak sesuai dengan minatnya serta melakukan filterisasi.

Jika pengguna konten yang hadir di laman For You sudah tidak sesuai. Maka, mereka bisa menggunakan fitur penyegaran feed.

Fitur Panduan Komunitas dan Dukungan Peristiwa Tragis di TikTok

Kemudian, ada pula fitur Panduan Komunitas yang berfungsi sebagai panduam norma dan kode etik umum untuk TikTok. Termasuk memebrikan panduan terkait apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan demi menciptakan ruang yang ramah bagi semua orang.

Adapun 7 tema besar panduan yang diberikan oleh TikTok dalam fitur tersebut. Di antaranya ialah topik keamanan dan kesejahteraan remaja, integritas dan keaslian, keamanan dan keberadaban, aktivitas komersial dan barang yang diatur, kesehatan mental dari perilaku, privasi dan keamanan, serta tema sensitif dan dewasa.

Sedangkan, opsi Dukungan Peristiwa Tragis di TikTok dapat digunakan oleh pengguna untuk mencari pertolongan saat menemukan konten yang membuatnya trauma.

Di samping itu, TikTok sendiri kini telah bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memberantas konten misinformasi dalam platformnya. Salah satunya ialah Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO).

“Dengan mencantumkan akun TikTok MAFINDO di Pusat Panduan Pemilu 2024, MAFINDO membantu kami melawan penyebaran misinformasi di platform dengan melakukan prebunking, yaitu dengan menyediakan konten-konten edukasi melalui akun MAFINDO di TikTok,” tutup Anggini.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Bos Media Sosial TikTok, Meta, X Hingga Discord Diminta Beri Kesaksian Depan Senat AS Januari Mendatang
Aplikasi

Bos Media Sosial TikTok, Meta, X Hingga Discord Diminta Beri Kesaksian Depan Senat AS Januari Mendatang

Gadgetdiva.id — Kepala eksekutif lima platform media sosial seperti TikTok, Meta, X, Snapch..

Cara Pakai Fitur yang Bikin Nyaman Penderita Buta Warna di Gojek dan Tokopedia
Aplikasi

Cara Pakai Fitur yang Bikin Nyaman Penderita Buta Warna di Gojek dan Tokopedia

Gadgetdiva.id — GoTo membuktikan komitmen untuk membuat aplikasi di bawah naungannya menjad..

Promo NAMPOL GoFood Mulai dari Rp 10 Ribu, Intip Manfaat dan Cara Pakainya!
Aplikasi

Promo NAMPOL GoFood Mulai dari Rp 10 Ribu, Intip Manfaat dan Cara Pakainya!

Gadgetdiva.id — Promo NAMPOL GoFood resmi diluncurkan hari ini, Selasa (28/11). Promo terse..

Kopi Susu Jadi Menu Paling Laris di GoFood Sepanjang 2023
Aplikasi

Kopi Susu Jadi Menu Paling Laris di GoFood Sepanjang 2023

Gadgetdiva.id — Memasuki penghujung tahun, Gojek melalui GoFood merilis lanskap sepanjang t..


;