Kespersky Ungkap Tren Browsing Internet di Kalangan Anak-anak

0
Tren Browsing Internet

Gadgetdiva.id — Kaspersky mengungkap tren browsing internet di kalangan anak-anak selama musim panas 2022. Terungkap bahwa Stranger Things dan Big Floppa menduduki tingkat paling sering dicari oleh anak.

Sebuah studi dari Karspersky mengungkap minat dan preferensi anak paling populer selama musim panas 2022. Data tren browsing internet tersebut diambil dari pencarian Google dan Youtube yang dicari oleh para anak.

“Kami sering melihat minat dan preferensi tren pada anak-anak berubah dengan cepat. Secara harfiah setiap kuartal akan selalu ada meme, film, dan pahlawan baru yang muncul. Melacak semua perubahan bisa sangat sulit jika Anda bukan anak-anak, oleh karena itu aplikasi kontrol orang tua dapat membantu orang tua memahami semua tren dan topik terkini yang digemari buah hati,” komentar Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky yang dikutip dari rilis yang diterima Gadgetdiva, Kamis (15/9).

Tren Browsing Internet

Tren Browsing Internet Anak selama Musim Panas 2022

Tren tersebut mengungkap bahwa Stranger Things dengan cepat menjadi sangat populer pada musim panas ini. Menurut statistik, musim keempat berhasil memecahkan rekor sepanjang masa karena audiens menontonnya selama 287 juta jam dari tanggal 23-29 Mei.

Selanjutnya, anak-anak juga ditemukan mengeksplorasi game, meme dan blogger baru. Kaspersky sendiri menganalisis data anonim yang disediakan oleh pengguna perangkat lunak parental control Kaspersky Safe Kids dari 1 Juni 2022 hingga 22 Agustus 2022. Data tersebut mencakup kueri penelusuran di Google dan YouTube.

Menurut analisa Kaspersky, tren browsing internet di Google yang paling banyak dicari oleh anak ialah meme Big Floppa. Seperlima dari seluruh pemintaan meme sebeser 20% adalah untuk Big Floppa.

Selama musim panas ini, sebanyak 33% penelusuran Google anak-anak terkait dengan Youtube. Sementara, yang terkait dengan ragam layanan internet berjumlah 18%.

Tren Browsing Internet

Yang menarik, selama musim panas ini, anak-anak lebih menyukai situs jejaring sosial kreatif DeviantArt sebanyak 6% dibandingkan dengan TikTok sebesar 5%. DeviantArt sendiri merupakan komunitas online terbesar untuk seniman atau penggemar seni yang memungkinkan orang untuk terhubung melalui kreasi maupun berbagi seni.

Lebih lanjut, game juga menjadi salah satu kategori populer. Dimana pangsanya mencapai 10%. Ditemukan bahwa Roblox telah memimpin sebesar 33%, lalui diikuti oleh Minecraft sebanyak 9%. Meskipun, popularitasnya besar di kalangan anak-anak.

Permintaan populer lainnya selama musim panas ialah Nintendo. Pasalnya, perusahaan tersbeut baru saja merilis Pokemon Scarlet dan Violet yang mencapai perolehan pencarian sebesar 5%.

Beralih ke tren browsing internet dalam platform YouTube, para anak nampaknya ‘keranjingan’ Stranger Things. Kaspersky menemukan bahwa sebanyak 16% dari semua kueri YouTube, serial tersebut mendapat minat yang sangat besar.

Mereka ditemukan tak hanya menelusuri video yang terkait dengan serial tersebut, namun juga para aktor dan karakter pemain serial. Aktris yang paling banyak dicari ialah Millie Bobby Brown yang berperan sebagai Eleven dan Sadie Sink yang berperan sebagai Max.

Popularitas Stranger Things juga bermigrasi ke ranah musik. Terdapat permintaan musik di YouTube sebesar 16%. Video yang paling sering dicari anak-anak adalah “Chrissy, Wake Up”. Merupakan video yang dibuat dari klip dan gambar dari Musim keempat. Serta, lagu Kate Bush bertajuk Running Up That Hill (1985) yang dinikmati oleh salah satu karakter utamanya.

Meme ‘Pink Sauce’ menjadi fenomena menarik. Pasalnya, meme tersebut muncul di TikTok dan dibuat oleh seorang blogger Chef.pii.

Dimana merilis saus merah muda untuk makanan. Ada beberapa skandal seputar produk, dan kuantitas saus dalam kemasan serta kualitas produk tersebut yang menjadi topik perbincangan aktif.

Selain meme, anak-anak paling tertarik dengan game di YouTube musim panas ini.  Kategori ini menyumbang jumlah permintaan terbesar, yakni sebanyak 27%. Yang paling banyak ditelusuri adalah blogger game sebesar 35% dan blogger yang mengkhususkan diri pada Minecraft sebesar 27%.

Influencer yang memfilmkan berbagai jenis konten seperti tantangan atau gaya hidup memperoleh 20% dari semua permintaan di kalangan anak-anak. Blogger paling populer di musim panas adalah Spencer X yang merekam konten terkait musik. Dia memiliki 2,66 juta pengikut di YouTube dan 55,1 juta di TikTok.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan