Family

Orang Tua Akui Era 1980 Paling Aman untuk Anak-anak

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Tahun 1980 disebut sebagai era yang aman untuk anak-anak. Selain itu, di masa sekarang, banyak orang tua yang mengaku jika anak-anak mereka sempat didekati oleh orang asing.

Orang tua mana yang tidak khawatir dengan keselamatan anaknya. Satu dari lima orang tua yang dilibatkan dalam sebuah survei mengaku jika mereka khawatir orang asing mendekati anak-anak mereka. Pasalnya, mereka pernah mengalami hal tersebut, ada orang asing yang mendekati anak-anak mereka sehingga harus dicari cara aman untuk anak-anak.

Studi ini dilakukan oleh sebuah aplikasi bernama Find My Kids. Dalam riset tersebut, mereka melibatkan sekitar 2000 ibu dan ayah untuk mengetahui apa yang paling aman untuk anak-anak. Hasilnya, sebanyak 18 persen dari responden mengaku jika ada orang asing yang mencoba mendekati anak-anak mereka.

aman untuk anak-anakFoto: Ilustrasi

Dari jumlah tersebut, dilansir Daily Star.co.uk, Jumat, 5 Mei 2023, ada sekitar 31 persen orang tua yang menindaklanjuti dengan lapor polisi, sedangkan 45 persen lainnya melaporkan hal ini ke otoritas setempat, seperti sekolah atau tempat les anak-anak.

Hal yang Paling Aman untuk Anak-anak

Dalam laporan tersebut juga terungkap jika 34 persen orang tua percaya jika sekolah dan institusi tempat anak-anak beraktivitas, dilengkapi dengan perangkat yang cukup diandalkan untuk menangani persoalan terkait orang asing yang mencoba berbuat buruk terhadap anak-anak.

“Sebanyak 69 persen orang tua juga merasa jika anak-anak harus diajarkan mengenai bahaya terkait orang yang tak dikenal. Anak-anak tersebut harus diajarkan untuk menghindari orang yang tak dikenal, setidaknya sebelum umur 5 tahun,” tulis riset dari Find My Kids itu.

Walau banyak yang meminta edukasi sebelum usia 5 tahun, ada sekitar 12 persen orang tua yang berharap anak-anak mereka harus diajarkan cara menangani orang asing setidaknya di usia 3 tahun.

Orang tua mengaku tidak tahu bagaimana caranya untuk mengajarkan anak-anak mereka menangani orang yang tak dikenal di jalan. Sebanyak 88 persen orang tua mengaku telah memberikan sedikit bahasan tentang bahaya berbicara dengan orang tak dikenal, sedangkan 32 persen merasa takut membahas topik tersebut dengan anak mereka. Sementara 19 persen orang tua berusaha menghindar karena mereka merasa tidak begitu ahli dengan isu tersebut.

Dalam riset tersebut, 18 persen orang tua setuju jika tahun 1980 merupakan era paling aman dan bersahabat untuk anak-anak. Namun ada juga sekitar 5 persen yang memilih era tahun 2020.

Tidak heran jika banyak orang tua di era sekarang yang mengandalkan teknologi untuk menjaga anak-anak mereka. Sebanyak 57 persen membekali anak-anak mereka dengan ponsel agar anak-anak bisa langsung menghubungi orang tua jika ada hal yang mengancam. Sedangkan 41 persen memilih untuk menggunakan aplikasi pelacak agar bisa mengetahui keberadaan anak mereka setiap saat.

“Walau 1980 merupakan era yang dianggap aman untuk anak-anak, 2023 merupakan tahun dimana orang tua bisa melakukan monitoring langsung terkait keamanan anak-anak mereka, secara akurat dan tanpa membuat khawatir anak-anak. Namun edukasi ke anak-anak terhadap bahaya orang tak dikenal menjadi urgensi kita semua,” ujar CEO Find My Kids, Vadikh Giniatulin.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Jajaran Xiaomi TV yang Harganya di Bawah Rp2 Juta, Xiaomi TV A dan A Pro
Family

Jajaran Xiaomi TV yang Harganya di Bawah Rp2 Juta, Xiaomi TV A dan A Pro

Gadgetdiva.id — Xiaomi sudah menjelma menjadi produsen AIOT yang cukup besar. Tak hanya jua..

Perancis Bakal Batasi Anak-anak dalam Menggunakan Ponsel Pintar dan Media Sosial
Family

Perancis Bakal Batasi Anak-anak dalam Menggunakan Ponsel Pintar dan Media Sosial

Gadgetdiva.id — Sebuah panel utusan Presiden Perancis Emmanuel Macron menyebut bahwa negara..

Samsung Revolusionerkan Rumah Pintar dengan Jajaran AI: Transformasi Gaya Hidup
Family

Samsung Revolusionerkan Rumah Pintar dengan Jajaran AI: Transformasi Gaya Hidup

Gadgetdiva.id — Samsung Electronics Co, Ltd telah menggemparkan dunia dengan peluncuran jaj..

XL Axiata Manjakan Emak-emak di Bulan Ramadan, Bikin Podcast Sampai Bukber
Family

XL Axiata Manjakan Emak-emak di Bulan Ramadan, Bikin Podcast Sampai Bukber

Gadgetdiva.id — Berbarengan dengan momen Ramadan, XL Axiata lewat XL Prabayar memperkenalka..

Anak 16 Tahun Dibunuh Kenalan Online, Ibu Minta Batasan Usia Pengguna Ponsel
Family

Anak 16 Tahun Dibunuh Kenalan Online, Ibu Minta Batasan Usia Pengguna Ponsel

Gadgetdiva.id — Usai kehilangan anak yang masih berusia 16 tahun, sang ibu Esther Ghey memi..


;