Cara Hapus Foto Anak di Internet, Google Photos, Facebook sampai TikTok

0
hapus foto anak
Foto: Ilustrasi

Gadgetdiva.idHapus foto anak. Para orang tua ketakutan anaknya menjadi bagian dari kejahatan dunia maya, khususnya postingan deep fake yang bisa dilakukan dengan AI. Tidak perlu khawatir karena ternyata ada cara yang bisa membantu orang tua menghapus postingan wajah anak di media sosial.

Diketahui, berkat adanya undang-undang Right to Be Forgotten, orang-orang bisa meminta platform yang bersangkutan untuk menghilangkan foto-foto wajah anak kita dalam postingan yang dituju. Banyak perusahaan teknologi yang memiliki sistem penghapusan image jika diminta.

Beberapa platform besar tersebut di antaranya Google, Facebook, Instagram, sampai TikTok. Dan harus diketahui jika para platform tersebut tidak membolehkan anak usia di bawah 13 tahun untuk membuat akun pribadi. Jikapun ada yang bisa membuat akun, dipastikan jika mereka memalsukan usia.

hapus foto anak
Ilustrasi

Nah, bagaimana jika orang tua kadung memposting wajah anak dan ingin menghapusnya? Berikut adalah cara dari berbagai platform yang berbeda.

Hapus foto anak di Google

Google memiliki layanan yang lumayan banyak untuk menyimpan foto-foto, termasuk foto anak. Mulai dari Google Search, Google Photos sampai Google Drive. Orang tua bisa mengajukan penghapusan postingan yang terkait dengan wajah anak melalui form yang telah disediakan di sini.

Sayangnya, ada beberapa batasan. Google hanya bisa menghapus konten dari hasil yang muncul di Google Search, tetapi konten tersebut akan tetap ada di situs aslinya. Google juga tidak akan menghapus konten jika ada di halaman media sosial kita sendiri dan mungkin menolak permintaan jika gambar tersebut ditujukan untuk kepentingan publik, misalnya, seorang anak adalah figur publik atau foto tersebut berasal dari peristiwa yang layak diberitakan.

Prosesnya biasanya memakan waktu beberapa hari.

Jika gambar ada di Google Foto, Anda dapat melaporkannya di sini, dan Google Drive di sini. Jika foto tersebut telah dihapus tetapi masih muncul di hasil pencarian, gunakan alat ini.

YouTube

Jika ada video anak-anak di YouTube, anak di bawah umur atau perwakilannya dapat mengisi permintaan untuk menghapusnya di sini. YouTube menambahkan materi yang dihasilkan AI dalam kebijakannya sehingga kita juga dapat lebih mudah meminta penghapusann konten tersebut.

Hapus foto anak di Facebook dan Instagram

Situs media sosial ini hanya mengizinkan orang tua meminta penghapusan konten untuk anak di bawah umur 13 tahun. Jika seorang anak berusia antara 13 dan 17 tahun, mereka harus mengajukan permohonan sendiri. Tautan ke formulir untuk Facebook ada di sini, dan formulir untuk Instagram ada di sini.

Hapus foto anak di TikTok

Jika ingin meminta TikTok menghapus video anak di bawah umur, orang yang digambarkan atau walinya harus mengisi formulir privasi ini. Pilih “laporkan pelanggaran privasi” dari menu Drop-Down. Memposting anak di bawah umur tanpa izin tidak serta merta melanggar pedoman komunitas perusahaan. Namun jika ditandai, perusahaan menyatakan harus menghapusnya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan