Yah! Kehadiran iPhone SE 4 Nampaknya Dibatalkan

0
iPhone SE 4

Gadgetdiva.id — Setelah beberapa waktu lalu Apple dikabarkan menunda produksi massal iPhone SE 4. Kini, laporan terbaru menyatakan perangkat tersebut dibatalkan kehadirannya.

Apple sudah menjadwalkan akan meluncurkan iPhone SE generasi terbaru setiap dua tahun sekali. Raksasa tersebut telah meluncurkan iPhone SE 2022 tahun lalu.

Disinyalir iPhone SE terbaru akan disebut sebagai iPhone SE 4 allias iPhone SE 2024 dan dijadwalkan untuk dirilis pada 2024 mendatang. Kini, model tersebut nampaknya tak akan jadi dihadirkan.

iPhone SE 4
iPhone SE

Baca juga: Produksi iPhone SE 2024 Ditunda

Pembatalan iPhone SE 4

Analis Apple Ming-Chi Kuo yang dilansir dari Gizmochina, Senin (9/1), mengungkap bahwa perusahaan dilaporkan telah membatalkan rencananya untuk meluncurkan iPhone SE 4 tersebut.

Dalam sebuah postingan Medium, dia menyebut bahwa Apple telah mengintrusksikan mitra rantai pasokannya untuk melakukan produksi dan pengiriman rencana iPhone SE 2024 tidak ditunda melainkan dibatalkan.

Dapat diartikan bahwa Apple akan menghentikan jajaran SE yang paling terjangkau dalam portofolio produk iPhone-nya. Hanya waktu yang akan menenutkan apakah perusahaan akan menghidupkan kembali varian iPhone SE di masa depan. Sebab, jarak antara ponsel SE generasi pertama dan kedua adalah empat tahun.

Apple sendiri dilaporkan sedang mengerjakan chip baseband versinya sendiri. Telah diperkirakan akan segera hadir selama bertahun-tahun menjadi rumor.

iPhone SE 4
iPhone XR

Sesuai penjelasan Kuo, iPhone SE 4 seharusnya bisa menjadi perangkat uji dengan chip baseband untuk Apple kalau-kalau memang terjadi kesalahan. Jika semuanya berjalan dengan baik, chip yang sama akan dibawa ke seri iPhone 16 di tahun 2024.

Kini, kehadiran iPhone SE 4 kemungkinan akan dibatalkan. Apple mengubah rencana tersebut untuk bereksperimen dengan chip modem in-house kustomnya. Ada kekhawatiran bahwa chipset tersebut akan setara dengan milik Qualcomm.

Jika kabar ini benar adanya, Qualcomm dipastikan akan mengalami keuntungan dari potensi pembatalan iPhone SE 4. Apple sendiri merupakan sumber penggerak pendapatan yang signifikan bagi Qualcomm.

Sedangkan, Apple sendiri kemungkinan akan bertahan dengan perusahaan semikonduktor untuk seri iPhone 15 hingga setidaknya 2025 mendatang.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini