Jumlah Pengguna Aktif Smartphone di Indonesia Lampaui Populasi

0
Indonesia
Foto: Unsplash/Rob Hampson

Gadgetdiva.id — Jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia telah mencapai lebih dari 354 juta. Angka tersebut telah melebihi jumlah populasi negara ini sebesar 128 persen.

Data tersebut disampaikan oleh Google melalui risetnya yang bertajuk “Rise of Foldables: The Next Big Thing in Smartphone”. Data ini merajuk dari sebuah penelitian yang dirilis oleh Data Reportal awal tahun 2023 yang diambil berdasarkan jumlah smartphone yang terkoneksi internet.

Data Reportal menyatakan bahwa sebanyak 353,8 juta koneksi seluler aktif di Indonesia awal tahun 2023 ini. Angka ini setara dengan 128,0 persen dari total populasi.

Total populasi di Indonesia sendiri telah mencapai 278,69 juta jiwa pada pertengahan 2023. Data populasi tersebut diambil oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Pengguna Aktif Smartphone
Data pengguna aktif smartphone di Indonesia

“Kalau kita bandingkan angka ini dengan total populasi negera Indonesia sebenarnya sudah lebih dari 100 persen atau 128 pesen. Berarti banyak banget orang yang sebenarnya punya lebih dari satu handphone,” tutur Tech Industry Lead Google Indonesia Stephanie Elizabeth pada acara konferensi pers yang berlangsung di Jakarta Selatan, Kamis (19/10).

Dengan jumlah angka pengguna aktif smartphone sebesar 354 juta ini, Indonesia menduduki posisi ke-4 dengan pasar smartphone terbesar di dunia. Tiga negara lainnya ialah China, India dan Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Statista memproyeksi bawa pengguna smartphone di Indonesia akan meningkat tiga kali lipat antara tahun 2015 hingga 2025. Bersamaan dengan peningkatan jumlah pengguna Internet sebesar 40 persen.

Riset Google ini dilakukan terhadap 1.514 responden yang berusia 18-55 tahun di berbagai provinsi Indonesia. Data yang diambil mengacu pada Google Trends, Statiska, Data Reportal dan Kantar Research.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan