Jaringan Sempat Down, Telkom: Sedang Lakukan Pengecekan

0
Telkom

Gadgetdiva.id — Jaringan IndiHome dan Telkomsel sempat alami penurunan alias down pada Rabu (21/12) sore. Telkom melaui TelkomGroup menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan pengecekan.

“Dapat kami sampaikan bahwa saat ini Telkom sedang melakukan pengecekan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan,” jelas VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko pada pernyataan resminya, Rabu (21/12).

Sementara itu, pihaknya memastikan bahwa saat ini layanan mulai membaik pada beberapa pelanggan Telkomsel dan IndiHome. Pihaknya berharap keseluruhan layanan tersebut dapat kembali normal secepatnya.

Andri turut menyatakan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak. Sebab, gangguan ini menyebabkan penurunan kualitas layanan pada jaringan IndiHome.

“Atas nama manjemen, Telkom sampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan terdampak atas ketidaknyamanan yang dirasakan,” imbuhnya.

Jaringan IndiHome dan Telkomsel Alami Penurunan

Dilaporkan IndiHome dan Telkomsel sempat mengalami penurunan jaringan. Penurunan tersebut terjadi hari Rabu, 21 Desember 2022 pukul 17:08 yang terjadi pada sejumlah wilayah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, bahkan sampai Bali.

Tercatat oleh situs Down Detector, bahwa laporan terkait pemadaman Telkomsel mencapai jumlah 1.666 per pukul 17:08. Bahkan, dapat diperkirakan puncaknya terjadi pada jam 17:15 dimana laporan mencapai angka 1.753.

Telkom
Teknisi Telkomsel Batam, Johardi, memperbaiki perangkat jaringan broadband di wilayah Batam Center, Batam, Selasa (9/3).

Adapun masalah terbanyak yang dilaporkan oleh pengguna tercatat 57% persen menyatakan akibat mobile internet. Sementara, 39% lainnya menyatakan tidak ada sinyal. Sisanya, di angka 4% menyatakan bahwa masalah ada pada telepon genggam.

Tak sampai di situ, akibat masalah ini, ‘Telkomsel’ dan ‘Gangguan’ sempat menjadi Trending Topic Twitter di Indonesia. Tak sedikit warganet mencuitkan keluhan mereka akbiat gangguan yang dirasakannya.

“Byangin wifi mu indihome trs katruna telkomsel ak dh kyak balik ke jaman batu,” cuit salah satu akun Twitter.

“Manusia manusia yg pake wifi indihome + provider telkomsel adalah orang orang yang hidupnya penuh cobaan,” cuit akun lainnya.

Kendati, seperti yang telah disebutkan di atas, Telkom memastikan bahwa layanan mereka mulai membaik. Pihaknya berharap dapat seluruh layanan dapat kembali normal secepatnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini