News

5 Manfaat Teknologi Fiber Optik untuk Aktivitas Sehari-hari

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Teknologi fiber optik memiliki manfaat yang signifikan dalam mendukung berbagai aktivitas sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan akses internet dan telekomunikasi.

Beberapa manfaat dari teknologi fiber optic adalah:

Kolaborasi Smartfren dan Alita Lengkapi Portfolio IoT Indonesia
  • Akses internet yang lebih cepat dan stabil: Teknologi fiber optic memungkinkan akses internet dengan kecepatan yang sangat tinggi dan konsisten, sehingga memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai aplikasi yang memerlukan koneksi internet yang stabil, seperti streaming video, game online, dan konferensi video.
  • Pengiriman data yang lebih cepat dan efisien: Teknologi fiber optic mampu mentransmisikan data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada teknologi kabel tembaga konvensional, sehingga memungkinkan pengguna untuk mentransfer file besar dan mengakses data dari jarak jauh dengan lebih cepat dan efisien.
  • Pengalaman pengguna yang lebih baik dalam menggunakan aplikasi dan layanan digital: Kecepatan dan keandalan teknologi fiber optik memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai aplikasi dan layanan digital dengan lebih lancar dan tanpa hambatan.
  • Peningkatan produktivitas: Dengan akses internet yang cepat dan stabil, pengguna dapat meningkatkan produktivitas dalam melakukan pekerjaan dan bisnis online, seperti mengirim email, menjalankan aplikasi bisnis, dan mengakses data dari jarak jauh.
  • Akses telepon dan televisi yang lebih baik: Teknologi fiber optic juga dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal telepon dan televisi, sehingga memberikan pengguna akses yang lebih baik dan jelas dalam berkomunikasi dan menonton acara televisi.

Salah satu internet provider yang menawarkan teknologi fiber optik adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. Dengan keunggulan teknologi fiber optic yang dapat menangani traffic data lebih baik dari jalur tembaga (copper), maka layanan telepon, TV, dan internet dapat tercakup dengan baik.

teknologi fiber optik

Cara kerja teknologi Fiber Optik menggunakan kabel serat optik untuk mentransmisikan sinyal data dalam bentuk cahaya. Kabel serat optik terdiri dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis yang memungkinkan cahaya untuk melewatinya dengan sangat cepat dan konstan.

Karena kecepatan dan keandalannya, teknologi fiber optik menjadi pilihan utama untuk mentransmisikan data jarak jauh pada infrastruktur telekomunikasi seperti internet, telepon, televisi kabel, dan jaringan komputer. Teknologi Fiber Optik tidak terpengaruh oleh cuaca, sehingga banyak digunakan oleh industri. Selain itu, fiber optik juga bisa digunakan di rumah.

Perbedaan Teknologi Fiber Optik dengan Kabel Tembaga

Fiber optic dapat mentransmisikan data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada teknologi kabel tembaga konvensional yang menggunakan elektron, sehingga memberikan kualitas transmisi yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari teknologi fiber optik bila dibandingkan dengan teknologi kabel tembaga:

  1. Kecepatan lebih tinggi: Teknologi fiber optik mampu mentransmisikan data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi kabel tembaga konvensional. Kecepatannya hingga gigabit per detik.
  2. Kapasitas lebih besar: Karena ukuran serat optik yang tipis, teknologi fiber optik mampu mentransmisikan lebih banyak data dalam jarak yang sama dibandingkan dengan teknologi kabel tembaga konvensional.
  3. Tidak terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik: Teknologi fiber optik tidak terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik yang dapat merusak sinyal, sehingga lebih andal dalam mentransmisikan data.
  4. Tahan terhadap korosi dan kebakaran: Kabel serat optik terbuat dari bahan yang tahan terhadap korosi dan tidak mudah terbakar, sehingga lebih tahan lama dan aman digunakan.
  5. Biaya operasional lebih rendah: Meskipun biaya pemasangan kabel fiber optic lebih mahal dibandingkan dengan kabel tembaga konvensional, tetapi biaya operasionalnya jauh lebih rendah karena serat optik tidak memerlukan perawatan yang intensif seperti kabel tembaga konvensional yang rentan terhadap karat dan korosi.

author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Sukseskan Gelaran World Water Forum 2024 di Bali, Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 43%
News

Sukseskan Gelaran World Water Forum 2024 di Bali, Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 43%

Kenaikan trafik layanan data sebesar 43% menunjukkan betapa pentingnya upaya Telkomsel dalam memasti..

Kolaborasi Smartfren dan Alita Lengkapi Portfolio IoT Indonesia
News

Kolaborasi Smartfren dan Alita Lengkapi Portfolio IoT Indonesia

Melalui kolaborasi ini, Smartfren berencana membawa inovasi terkini yang dapat mendukung perkembanga..

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!
News

OPPO Umumkan 5 Pesepakbola Tanah Air untuk Lawan Kaka hingga Casillas!

OPPO mengajak lima pemain sepak bola terbaik Indonesia untuk bermain melawan tim legenda UEFA Champi..

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI
News

Studi Global Ciena Ungkap 60% Penyedia Layanan Komunikasi Percaya AI

Sebuah riset global yang digerakkan oleh Ciena menyoroti optimisme yang semakin meningkat dari penye..


;