Facebook dan Microsoft Paling Sering Jadi Umpan Phishing

0
Phishing

Gadgetdiva.id — Facebook dan Microsoft disebut sering menjadi umpan kejahatan siber berjenis phishing selama paruh pertama tahun 2023. Kedua perusahaan ini menempati posisi teratas.

Laporan tersebut diterbitkan oleh perusahaan keamanan eamil Vade. Mereka menunjukkan bahwa Facebook menyumbang 18 persen dari semua URL phishing dan Microsoft 15 persen.

Vade menemukan bahwa Facebook berada di urutan teratas dalam daftar target para phiserfolk. Dilaporkan terdapat 85 persen dari URL phishing di sektor ini selama periode laporan.

Sedangkan, pada Q2 Vade menemukan bahwa dua serangan yang menargetkan pengguna Microsoft 365 dan dua serangan yang  mengeksploitasi layanan Google. Termasuk Youtube dan Google Translate.

Jika digabungkan, kedua perusahaan ini memiliki lebih banyak URL phishing yang unik dibandingkan dengan gabungan lima merek teratas lainnya. Di antaranya seperti Crédit Agricole, SoftBank, Orange, PayPal dan Apple.

Keuangan tetap menjadi industri yang paling banyak ditargetkan dengan bank Perancis Crédit Agricole dan SoftBank yang berbasis di Jepang berada di posisi ketiga dan keempat secara keseluruhan. First Citizens Bank yang berbasis di Amerika Seriakt juga mengalami peningkatan sebesar 4000 persen dalam URL phishing.

Sektor keuangan menyumbang lebih dari 33 persen dari semua URL phishing. Diikuti oleh industri media sosial sebanyak 22 persen dan cloud sebesr 21 persen. Selain itu, lebih banyak merek layanan keuangan yang masuk dalam 25 merek teratas yang paling banyak ditiru dibandingkan dengan kuartal mana pun dalam tiga tahun terakhir.

“Email tetap menjadi saluran paling populer untuk mendistribusikan ancaman phishing dan malware,” jelas pihak Vade yang dikutip dari Beta News, Sabtu (15/7).

Pihaknya tersebut menambahkan bahwa hal ini tidak akan berubah dalam waktu dekat karena metode komunikasi ini memberikan peretas saluran langsung dan nyaman untuk mengeksploitasi kelemahan terbersar di permukaan serangan.

“Dan dengan meningkatnya alat produktivitas, email menjadi lebih penting dan rentan daripada sebelumnya,” tutup mereka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan