News

2024, DOKU Fokus Jadi Penyedia Solusi Fintech Pembayaran

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Menjelang usianya yang ke-17 tahun, eksistensi DOKU kini semakin jelas. Mulai jadi pionir payment gateway di Indonesia,  platform itu resmi bertransformasi menjadi penyedia solusi fintech pembayaran terlengkap.

Hal ini diungkap Co-Founder sekaligus Chief Operating Officer DOKU, Nabilah Alsagoff. Menurutnya, tahun depan peran platform besutannya itu tidak hanya sebatas payment gateway tapi juga memberikan solusi dan layanan lengkap terkait dengan pembayaran, tidak hanya di Indonesia tapi juga mancanegara.

Proyek BTS 4G BAKTI Kominfo Lanjut, Target Hanya 5.618 Titik

“Enam belas tahun beroperasi, kini peran DOKU tidak hanya sebatas gerbang pembayaran yang menghubungkan bisnis mitra pembayaran dan merchant saja. Kami terus bertumbuh dan menjadi perusahaan pembayaran Fintech, menambahkan kapabililtas layanan dengan solusi ‘Beyond Payments’ untuk layanan merchant yang lebih optimal, serta bersiap memperluas jangkauan bisnis ke mancanegara,” ujar Nabilah saat Media Gateway di Bali, Rabu, 25 Oktober 2023.

DokuCo-Founder sekaligus Chief Operating Officer DOKU, Nabilah Alsagoff dan Himelda Renuat Co-Founder & Chief Marketing Officer DOKU, bersama tim.

Solusi Pembayaran DOKU

Salah satu inovasi ‘Beyond Payments’ yang akan segera diluncurkan bernama Wallet as a Service. Di sini platform itu memperluas pemanfaatan lisensi e-wallet yang dimilikinya, dimana e-wallet akan fokus dikembangkan untuk memperkuat pengelolaan transaksi dalam ekosistem bisnis para merchant.

Tersedia juga opsi close-loop-wallet yang dapat digunakan untuk balance management dari tim Finance merchant dan juga open-loop-wallet yang berwujud co-brand e-wallet berbasis kemitraan untuk bisnis yang berbasis produk aplikasi.

Dari sisi jangkauan bisnis, aplikasi payment itu juga akan memperkuat kerja sama guna mempercepat adopsi pembayaran digital dalam lingkungan instansi pemerintahan.

Himelda Renuat Co-Founder & Chief Marketing Officer DOKU menambahkan, sebagai pionir payment gateway di Ipndonesia yang terus mengawal transaksi digital para merchant, pihaknya memiliki komitmen untuk selalu menciptakan peluang ekomoni bagi semua melalui layanan yang dikembangkan.

“Kami menyusun strategi dan terus bertransformasi agar dapat menjawab kebutuhan pasar dan tetap relevan dengan jaman yang semakin digital,” ujar Himelda.

Hingga pertengahan Oktober 2023, tercatat lebih dari 200 juta transaksi merchant telah diproses di platform tersebut, dengan pertumbuhan bisnis rata-rata di atas 80% dari tahun ke tahun. Khusus pulau Bali dan Nusa Tenggara, bisnis payment DOKU yang hadir sejak kuartal pertama 2014 tercatat telah melayani lebih dari 1.900 merchant dari industri pariwisata dan edukasi. Sempat melemah akibat pandemi COVID 19, pertumbuhan industri pariwisata di Bali telah berangsur pulih. DOKU mencatat terjadinya lonjakan transaksi setidaknya 400% dari merchant di Bali dan Nusa Tenggara.

Pada pertengahan 2023 platform ini juga telah meluncurkan layanan khusus UMKM yang bernama Jurangan DOKU. Tercatat lebih dari 15,000 UMKM telah terhubung ke layanan tersebut, baik melalui platform web maupun aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Dari sisi metode pembayaran, kepopuleran metode pembayaran QRIS juga patut diperhitungkan. Transaksi berbasis QRIS juga terpantau meningkat tajam sepanjang 2023, dimana menurut data internal terjadi peningkatan setidaknya empat kali lipat. Metode pembayaran QRIS juga menduduki peringkat tiga teratas di DOKU selain virtual account dan e-wallet.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

BAKTI Kominfo Punya Direktur Infrastruktur Baru
News

BAKTI Kominfo Punya Direktur Infrastruktur Baru

Gadgetdiva.id — Pemerintah telah melantik direktur baru di bawah jajaran Direktur Utama Fad..

Proyek BTS 4G BAKTI Kominfo Lanjut, Target Hanya 5.618 Titik
News

Proyek BTS 4G BAKTI Kominfo Lanjut, Target Hanya 5.618 Titik

Gadgetdiva.id — Proyek pembangunan Base Transceiver Station (BTS) 4G di Indonesia yang akan..

Menkop UKM Pergoki Akun Jual Barang Ilegal di Instagram
News

Menkop UKM Pergoki Akun Jual Barang Ilegal di Instagram

Gadgetdiva.id — Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki bercer..

BSSN Deteksi 207 Dugaan Insiden Kebocoran Data Selama 2023, 55% dari Adminstrasi Pemerintah
News

BSSN Deteksi 207 Dugaan Insiden Kebocoran Data Selama 2023, 55% dari Adminstrasi Pemerintah

Gadgetdiva.id — Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkap bahwa pihaknya telah berhas..


;