Selular Business Forum : Isu Polemik Layanan Telepon dan Internet Satelit di Indonesia

0

Gadgetdiva.id – Selular kembali menggelar Business Forum terkait isu terkini teknologi informasi khususnya di bidang telekomunikasi. SBF yang berlangsung di Jakarta, Senin, 27 November 2023 ini, mengangkat tema “Polemik Layanan Telepon dan Internet Satelit, Siapa Untung Siapa Buntung”.

Operator seluler dan pengusaha penyedia layanan internet di Indonesia menghadapi tantangan yang tidak ringan saat ini. Di tengah melambatnya pertumbuhan industri seluler maupun jasa internet, mereka justru mendapatkan beban regulatory charge yang besar.

“Di sisi lain, mereka juga memiliki beban investasi yang mahal. Ketika investasi mahal, justru pelaku industri dipaksa menyediakan tarif internet yang murah, ujar CEO Selular Media Network, Uday Rayana.”

Masalah tidak sampai di situ, pasalnya operator selular dan para pengusaha jasa internet bakal dihadapkan pada kemungkinan masuknya operator berbasis satelit, Starlink. Perusahaan milik taipan Elonk Musk itu, menargetkan peluncuran layanan telepon satelit komersial pada 2024.

Starlink bakal masuk dimulai dengan SMS sebelum menambahkan layanan suara dan data, serta konektivitas IoT pada 2025. Kehadiran Starlink yang dinilai sarat dengan privilege, tentu membuat industri selular semakin tidak sehat.

Meski demikian, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membantah memberikan privilege atau karpet merah kepada Starlink untuk masuk Indonesia. Kominfo menyebut banyak daerah di Indonesia yang masih blank spot dan dengan hadirnya Starlink dapat menjadi jawaban bagi mereka.

Hal tersebut yang membuat selular Media Network menyelenggarakan Selular Business Forum (SBF) tanggal 27 November 2023 dengan tema “Polemik Layanan Telepon dan Internet Satelit, Siapa Untung Siapa Rugi”.

”Dengan adanya diskusi ini, kami harapkan ada kejelasan terkait regulasi yang jelas dengan masuknya Starlink dan juga pemerintah diharapkan dapat semakin memperhatikan nasib pelaku industri di tanah air,” tutup Uday.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan