Indonesia Berpotensi Jadi Sasaran Bisnis Digital

0
Bisnis Digital

Gadgetdiva.id — Business Director Indonesia DoubleVerify Muhammad Arif menyatakan bahwa Indonesia berpotensi dan berpeluang menjadi sasaran bisnis digital. Hal tersebut disampaikannya pada Selasa (30/1).

Arif menyampaikan bahwa pengeluaran nilai belanja iklan di Indonesia tercatat hingga mencapai nilai sekitar USD 2.565 juta atau setara dengan Rp. 40 triliun. Sementara, nilai belanja iklan di Indonesia diproyeksi akan mencapai lebih dari USD 3.051 juta atau sekitar Rp. 48 triliun.

“Kondisi ini menjadi peluang besar bagi pemasar dan brand untuk dapat memaksimalkan performa kampanye periklanan mereka, demi menjangkau target yang lebih luas secara lebih efektif,” ungkap Arif dalam acara diskusi bersama media di Jakarta Selatan pada Selasa.

Studi dari DoubleVerify menemukan sekitar 63% konsumen di Indonesia secara signifikan memanfaatkan media sosial untuk melakukan riset produk yang mereka butuhkan. Kemudian, super-app juga menjadi fenomena besar saat ini.

Dimana local commerce market tumbuh populer sebagai channel pencarian. Mengalahkan media sosial dan Google Search. Platform tersebut seperti Grab, Lazada, Tokopedia dan lainnya.

Kemudian, terjadi juga peningkatan penggunaan e-commerce memberikan peluang tambahan bagi pengiklan untuk menjangkau konsumen yang berniat menghabiskan lebih banyak waktu online. Terutama di e-commerce seperti di kala Ramadan, dimana banyak orang yang bernit melakukan pembelian sejumlah produk seperti busana dan aksesoris sebesar 76%.

Survei tersebut juga menemukan bahwa di tahun 2023 lalu, sebangak 60% konsumen di Indonesia menghabiskan lebih banyak waktu untuk online jika dibandingkan dengan era sebelum pandemi.

Sebanyak 98% pemasar yang disurvei mengatakan mereka menggunakan alat pengukuran metrik attention untuk mengevaluasi pembelian media digital. Namun, pengukuran metrik tradisional saja tidaklah cukup.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan