3 Wanita yang bantu Dirut Setyanto Hantoro di Telkomsel

Pejabat wanita Telkomsel bantu Dirut Utama Setyanto Hantoro, yang baru sama diumumkan mengisi posisi Telkomsel 1, menggantikan Emma Sri Martini.

Telkomsel akhirnya telah mengumumkan orang yang berhak menduduki tahta sebagai yang nomor satu di perusahaan anak TelkomGroup itu. Setyanto Hantoro didapuk menjadi Direktur Utama Telkomsel.

Dari delapan nama direktur yang diumumkan Telkomsel, memang rata-rata adalah laki-laki. Namun ada 3 nama perempuan yang terselip di antaranya. Bahkan ketiganya menduduki posisi yang sama-sama penting.

Ketiga wanita itu adalah Venusiana Papasi, Ririn Widaryani dan Rachel Goh. Nama terakhir ini memang bukan asli Indonesia, melainkan orang Singapura yang ditunjuk untuk menjadi Direktur Marketing atau pemasaran di tanah air.

Nah, dua nama wanita berikutnya inilah anak bangsa yang cukup berprestasi. Bagaimana tidak? Ririn ditempatkan sebagai direktur sales atau penjualan, sedangkan Venus menjabat sebagai direktur network atau jaringan.

wanita di telkomsel
Ririn Widaryani (berjilbab) dan Venusiana Papasi, saat peluncuran promo terbaru simPATI di 2012.

Dikutip melalui indotelko.com, Ririn Widaryani menjadi penerus tren adanya wanita di jajaran direksi Telkomsel. Sebelumnya ada Tri Wahyu Sari (Direktur Keuangan) dan Herfini Haryono (Direktur Jaringan). Wanita yang akrab disapa RW ini lahir di Ngawi, 8 September 1966.

Kekuatan RW adalah menguasai Business Strategy dan Marketing Strategy di industri telekomunikasi. Pengalaman RW memimpin area selama 1,5 tahun (Jawa-Bali dan Jabotabek) sepertinya menjadi nilai unggul dari wanita yang juga menjadi komisaris di TelkomMetra itu.

Jebolan ITB ini dikenal selalu menggunakan data dan analisa untuk dasar mengatur strategi.

Sedangkan Venusiana Papasi, dalam keterangan yang diberikan Telkomsel, merintis karirnya di Telkomsel sejak tahun 1995 dan telah menempati beberapa posisi strategis seperti Senior Vice President Procurement (2017-2020), Senior Vice President Consumer Marketing (2016-2017), Executive Vice President Area Jabotabek Jabar (2013-2016), Head of Area Jabotabek Jabar Group (2012-2013), Vice President Area Jabotabek Jabar  (2010-2012), Vice President Customer Lifecycle Management (2010), VP Radio Access Engineering Jawa Bali (2009-2010),  VP Radio Access Engineering & Implementation Jawa Bali (2008-2009), VP Radio Network Engineering & Implementation Inner Jawa Bali (2007-2008), dan VP Network Operations (2005-2006).

Venusiana mendapatkan gelar sarjana di bidang Teknik Elektro dari Universitas Diponegoro pada tahun 1992 dan gelar Master of Management di tahun 2004 dari Universitas Hasanuddin.

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom Indonesia) dan Singapore Telecommunications Ltd. (SingTel) selaku pemegang saham PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) mengangkat Setyanto Hantoro sebagai Direktur Utama Telkomsel dan Venusiana Papasi sebagai Direktur Network Telkomsel.

Dengan demikian, susunan Direksi Telkomsel saat ini selengkapnya adalah:

• Direktur Utama : Setyanto Hantoro

• Direktur Sales : Ririn Widaryani

• Direktur Finance : Heri Supriadi

• Direktur HCM : Irfan A. Tachrir

• Direktur Network : Venusiana Papasi

• Direktur Planning & Transformation : Edward Ying

• Direktur Information Technology : Bharat Alva

• Direktur Marketing : Rachel Goh

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.