Tips Melindungi Kesehatan Mental di Media Sosial

0
Media Sosial

Gadgetdiva.id — Bersamaan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia pada 10 Oktober lalu, Kaspersky berbagi tips untuk melindungi kesehatan mental bagi para pengguna media sosial. Mengingat hubungan antara kesehatan mental dan media sosial cukup erat.

Seperti yang kita ketahui, media sosial membawa banyak manfaat bagi orang-orang secara global, media sosial memiliki sisi negatif. Salah satunya adalah menimbulkan kecemasan, ketakutan akan kehilangan, cyberbullying serta komplikasi lainnya.

Salah satu pakar dari Kaspersky berbagai kiat seputar tips melindungi kesheatan mental di media sosial. Yang mana disebut dapat membantu pengguna dalam mengurangi stress online dan melindungi diri mereka sendiri.

Tips melindungi kesehatan mental di media sosial

Batasi berbagi berlebihan 

Menurut Kaspersky, salah satu pilihan yang paling aman adalah memperhatikan konten ygang kamu bagikan secara online. Termasuk membatasi curhat berlebihan di media sosial.

Dengan membatasi curhat berlebihan di media sosial, Paradiva secara tidak langsung akan lebih rentan terhadap kritik dari orang lain yang biasanya dapat memicu kecemasan dalam diri.

Media Sosial

Alasannya lainnya adalah supaya melindungi data pribadi dari orang asing. Contohnya adalah dengan tidak sengaja meninggalkan detail penerbangan atau data diri lain seperti alamat pribadi dalam foto liburan Instagramable yang kamu posting.

Kini, siapapun dapat membuka akun seseorang dan melihat apa yang mereka bagikan dengan orang lain. Sehingga, menjadi lebih aman untuk tidak memberi kesempatan kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakan informasi pribadimu.

Mempelajari cara menghadapi komentar ekstrem

Komentar esktrem menjadi salah satu hal yang tak dapat dihindarkan. Situasinya bahkan bisa menjadi sulit jika anak-anak yang harus menghadapinya.

Wawasan ahli mendesak orang untuk tidak menanggapi komentar buruk atau menyakitkan ke dalam hati, menjadi kesal, atau yang bahkan hingga menyerah pada impian mereka.

Penting untuk diketahui bahwa troll atau agresor mencari reaksi karena tujuan utama mereka adalah untuk menyakiti atau memprovokasi emosi. Semakin banyak perhatian yang diterima agresor, semakin mereka akan terus menulis postingan negatif.

Media Sosial

Untuk menghadapi pengganggu tanpa membahayakan kesehatan mental Anda sendiri, adalah praktik yang baik untuk mengajari anak-anak cara menangani komentar negatif – misalnya, mengabaikan postingan troll, menghapus komentar negatif, atau melaporkan penghinaan. Mungkin juga ide yang baik untuk menonaktifkan komentar.

Bantuan tambahan bisa berupa istirahat sejenak dan detoks digital untuk menjauhkan diri dari jejaring sosial, sehingga Anda dapat bersantai dan fokus pada diri sendiri. Kaspersky telah meluncurkan ruang CyberSpa digital, untuk membantu orang mengalihkan perhatian dari kekhawatiran dan mengambil napas yang menenangkan saat Anda perlu memfokuskan diri kembali.

Jadikan akun sosial pribadi (private)

Untuk mengurangi risiko bertemu pembenci atau berbagi informasi sensitif, pertahanan yang baik adalah dengan meningkatkan tingkat privasi akun. Sehingga, dapat membatasi orang-orang untuk mengakses konten yang kamu posting di sana. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google New

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini