BSSN Ajak Pengguna Smartphone SIGAP Hadapi Ancaman Keamanan Siber

0
Keamanan Siber

Gadgetdiva.id — Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memberi tips bagi pengguna smartphone supaya mereka dapat terhindar dari ancaman keamanan siber. Kelima tips itu terangkum dalam SIGAP.

Berangkat dari data yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 yang menunjukkan bahwa penduduk Indonesia berusia di atas 5 tahun yang menggunakan smartphone telah mencapai angka 67,88%. Angka tersebut diambil dari sekitar 277 juta penduduk Indonesia.

“Kami mengutip juga dari laman salah satu platform video games, yakni Newzoo, bahwa indonesia sendiri merupakan negara dengan peringkat ke empat di dunia sebagai pengguna smartphone terbanyak,” ungkap perwakilan BSSN dalam acara Kartini Digital, Selasa (16/5). 

Keamanan Siber

Menariknya lagi, BPS di tahun 2020 juga mengungkap bahwa minat utama penduduk dalam mengakses internet kini didominasi oleh wanita dengan angka 89,42 persen dibanding dengan laki-laki. Para perempuan ini sebagian besar menggunakan internet untuk mengakses media sosial.

Nah, fenomena ini bisa memicu risiko bahwa perempuan itu lebih rentan terkena risiko keamanan siber atau ancaman keamanan siber,” imbuh pihak BSSN. 

Di samping itu, serangan siber di Indonesia juga justru mengalami peningkatan. Pada tahun 2022 sendiri, tercatat hampir 1 miliar terjadinya ancaman siber maupun anomali trafic terbanyak oleh aktivitas malware.

Tips SIGAP dari BSSN dalam menghadapi ancaman keamanan siber

Dalam kesempatan yang sama, pihak BSSN yang juga tergabung dalam Indonesia Women In CyberSecurity (IWCS) membagikan tips untuk menghadapi ancaman keamanan siber. Ada lima langkah yang harus diikuti, yakni sebagai berikut.

Keamanan Siber

  1. S — Selalu tenang, jangan panik dan jangan mudah terpengaruh informasi yang belum jelas kebenarannya.
  2. I — Ingat persiapkan smartphone sebelum berpergian dan jangan gunakan WiFi Publik saat di luar rumah.
  3. G — Gali dan cek kebenaran serta keaslian informasi, jangan sebar data pribadi secara berlebih dan update informasi keamanan siber.
  4. A — Aktifkan antivirus pada smartphone dan rajin melakukan scanning, cealning maupun update software smartphone.
  5. P — Pastikan keamanan smartphone, akun, password maupun data pribadi dari akses tidak berwenang.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan