Brand Lokal Asal bandung Ini Ungkap Strategi Logistik agar Toko Lebih Cuan

0
Logistik

Gadgetdiva.id – Logistik memegang peranan yang penting dalam mendukung kelancaran operasional sebuah bisnis. Hal ini yang diungkapkan oleh dua brand asal Bandung saat menjadi pembicara di Lazada Logistics Seller Engagement 2023 dengan tema “Satu Langkah Lebih Mudah Integrasikan Bisnismu dalam Satu Platform” yang berlangsung di Mercure Bandung City Centre pada Kamis (20/7).

Dalam acara ini, EIGER Adventure dan Geoff Max membagikan pengalaman dalam menjalankan operasional logistik untuk toko online mereka di hadapan ratusan peserta acara, yang terdiri dari UMKM dan pebisnis lokal asal Bandung.

Lalu, langkah apa saja yang dilakukan oleh EIGER Adventure dan Geoff Max untuk mengatasi tantangan pengelolaan logistik toko online mereka? Yuk, simak kata mereka!

Pilih penyedia layanan logistik menyeluruh yang berpengalaman dan terpercaya

Logistik berkaitan erat dengan sistem pengaturan dan pengiriman barang. “Jadi gunakan penyedia logistik yang tidak hanya sudah berpengalaman, namun juga memiliki sistem manajemen logistik yang andal dan menyeluruh, mulai dari penyimpanan barang hingga pengiriman ke pelanggan,” ujar Oscar, Digital Business Manager EIGER Adventure.

Logistik

Pertimbangkan penyedia layanan logistik yang memiliki jangkauan luas

Agar pengiriman logistik tidak mengalami keterlambatan dan pelanggan menerima barang dengan tepat waktu, Oscar mengatakan bahwa penting sekali untuk memilih penyedia logistik yang memiliki jaringan ke beberapa daerah.

Pembeli tak hanya di kota besar saja, tapi juga dari kota kecil. Menggunakan jasa logistik yang terintegrasi dengan sistem pengaturan transportasi yang terhubung dari satu titik ke titik lainnya menjadi sangat penting. Ini juga akan berdampak pada biaya pengiriman yang akan jadi lebih efisien.

Pastikan untuk memilih penyedia layanan logistik yang sudah mengadopsi teknologi

Sebagai negara kepulauan dengan infrastruktur logistik yang belum merata, Oscar juga mengatakan bahwa penggunaan teknologi yang terintegrasi dalam manajemen logistik menjadi penting.

“Karena itu menjadi penting untuk memastikan pemilihan perusahaan logistik yang memiliki teknologi logistik terdepan. Automasi logistik akan menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan efisiensi. Terutama membantu kita dalam manajemen stok barang, memantau pesanan yang masuk, serta penjadwalan dan pelacakan pengiriman,” jelas Oscar.

Pilih perusahaan logistik yang memerhatikan keamanan barang

Selain faktor kecepatan pengiriman, keamanan barang juga menjadi perhatian Sidiq. “Selain barang yang dikirim ke pelanggan bisa diterima dengan cepat, kami juga ingin memastikan barang yang diterima dalam keadaan baik. Sehingga kami sangat memerhatikan sekali bagaimana tim dari penyedia layanan logistik mengemas dan menangani barang kami saat dikirim, karena kami ingin memastikan barang diterima pelanggan dalam keadaan baik,” ujar Sidiq, Chief Financial Officer Geoff Max.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan