Tokopedia Sediakan Platform untuk Program Prakerja Gelombang 62, Ini Cara Pilih Kelasnya

0
Tokopedia

Gadgetdiva.id — Pemerintah kembali menghelat program Prakerja Gelombang 62. Tokopedia terpilih menjadi mitra platform digital resmi sebagai penghubung antara penyedia kelas pelatihan dengan masyarakat.

Beberapa waktu lalu, pemerintah telah mengumumkan para penerima Prakerja Gelombang 62. Penerima beasiswa tersebut memiliki waktu 15 hari untuk memilih kelas pelatihan hingga hari ini, Selasa (31/10).

Program Kartu Prakerja pertama kali diinisiasi pemerintah saat pandemi sebagai solusi alternatif bagi masyarkat. Guna mengembangkan kompetensi, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja serta mengembangkan kewirausahaan.

“Tahun ini sudah menjadi tahun ke-tiga Tokpedia menghadirkan fitur Prakerja kepada masyarakat Indonesia,” ungkap Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Hilmi Adrianto dalam acara luring bertajuk Raih Peluang Kreatif di Era Digital, Senin (30/10).

Tokopedia

Menurut penjelasan Hilmi, pada tahun 2023, jumlah penerima pelatihan Prakerja tersebut meningkat sebesar 200%. Jika dibandingkan dengan tahun 2022.

Sepanjang tahun 2023, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatra Utara menjadi beberapa wilayah dengan jumlah tertinggi pengguna yang mengambil kelas Prakerja melalui Tokopedia.

“Untuk mengakomodasi tingginya minat penerima Prakerja mengambil kelas, Tokopedia senantiasa berkolaborasi dengan berbagai lembaga pelatihan terpercaya, yang menyediakan beragam pelatihan yang dibutuhkan penerima Prakerja,” kata dia.

Cara memilih pelatihan Prakerja yang tepat

1. Tentukan tujuan mengikuti pelatihan Prakerja

Ada beberapa tujuan mengikuti pelatihan Prakerja yang bisa dipertimbangkan, antara lain: skilling, upskilling, dan reskilling. Contohnya ialah seorang karyawan swasta yang ignin menjadi lonten kreator, bisa memilih kategori pelatihan Content Creator dan Media sosial di Tokopedia. 

Di samping skilling, tujuan lain mengambil kelas Prakerja adalah meningkatkan keterampilan di bidang yang telah ditekuni atau upskilling. Tujuan selanjutnya dalam mengikuti pelatihan Prakerja yang juga bisa dipertimbangkan adalah meningkatkan keterampilan di bidang yang baru atau reskilling.

Tokopedia

“Misal, seseorang yang sedang membangun usaha fesyen–yang perlu keterampilan mengembang bisnis lebih jauh–bisa memilih kategori pelatihan Prakerja di Tokopedia, yaitu Pemasaran dan Ritel/Perdagangan,” kata Head of Digital Goods Tokopedia Jonathan Tricahyo. 

2. Riset lembaga pelatihan yang bisa menjawab kebutuhan

Setelah mengetahui kebutuhan masing-masing, para penerima Prakerja bisa mulai melakukan riset tentang lembaga pelatihan apa yang sekiranya paling sesuai dan bisa memenuhi kebutuhan.

Cari tahu dengan seksama mengenai kurikulum atau materi yang diberikan serta pelatih atau mentor yang akan memberikan pelatihan,” jelas Jonathan.

  1. Cek ulasan dari alumni Prakerja

Setelah menentukan lembaga pelatihan, penerima beasiswa pelatihan bisa melihat ulasan atau penilaian yang diberikan oleh para penerima Prakerja sebelumnya di setiap kelas.

“Di Tokopedia, kita bisa ke halaman Prakerja lalu pilih kategori kelas pelatihan dan klik salah satu kelas, kemudian klik ‘Ulasan’ untuk melihat penilaian yang sudah diberikan oleh para peserta sebelumnya. Penilaian berupa ulasan ini bisa lebih meyakinkan penerima Prakerja dalam memilih kelas atau lembaga pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan,” kata Jonathan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan