Cara Pakai Fitur yang Bikin Nyaman Penderita Buta Warna di Gojek dan Tokopedia

0
gojek dan tokopedia

Gadgetdiva.id — GoTo membuktikan komitmen untuk membuat aplikasi di bawah naungannya menjadi ramah untuk siapa saja. Kali ini, para penyintas buta warna bisa menggunakan aplikasi GoTo dengan mudah dan nyaman, baik itu Gojek dan Tokopedia, maupun Gopay.

Fitur baru pada dua aplikasi ini, Gojek dan Tokopedia, melengkapi pengalaman pengguna aplikasi GoPay, yang telah dirancang mengikuti standar aksesibilitas internasional. Kebetulan fitur ramah penyandang buta warna tersebut diperkenalkan menjelang Hari Penyandang Disabilitas Internasional seiring Komitmen Keberlanjutan Tiga Nol, yakni Nol Emisi Karbon, Nol Sampah dan Nol Hambatan, untuk Gojek dan Tokopedia.

gojek dan tokopedia
Langkah mengaktifkan Mode Tampilan Khusus di aplikasi Tokopedia.

Beberapa fitur untuk pengguna buta warna yang tersedia di 3 aplikasi GoTo (Gojek dan Tokopedia serta Gopay) di antaranya:

1. Aplikasi Gojek menyediakan mode high contrast yang dapat digunakan oleh penyandang buta warna total (monokromasi).
2. Aplikasi dan situs web Tokopedia menyediakan fitur ramah penyandang buta warna yang dapat digunakan bagi penyandang buta warna parsial merah-hijau dan biru-kuning.
3. Aplikasi GoPay dirancang dengan mengikuti standar kontras WCAG lewat pilihan tampilan warna terang (light mode) dan tampilan warna gelap (dark mode) untuk kenyamanan pengguna aplikasi.

Pengguna aplikasi GoTo sekaligus penyintas buta warna, Fardhan Ramzy, mengaku sangat terbantu dengan adanya fitur terbaru yang ramah buta warna dari GoTo,

“Sebagai penyintas buta warna parsial, saya sangat mengapresiasi upaya GoTo lewat aplikasi Tokopedia dan Gojek, untuk menciptakan fitur yang relevan dengan berbagai kalangan termasuk penyintas buta warna. Dengan fitur ini, transaksi online saya melalui Tokopedia maupun Gojek makin nyaman dan mudah.” kata Fardhan.

gojek dan tokopedia
Langkah-langkah mengaktifkan Mode Contrast.

Cara Mengaktikan Fitur Penyintas Buta Warna pada Aplikasi Gojek dan Tokopedia

Fitur aksesibilitas baru ini tersedia dengan melakukan pembaruan (update) pada aplikasi Gojek versi v4.79.0 untuk sistem operasiiOS melalui App Store, dan situs web serta aplikasi Tokopedia versi 2.245.0 untuk sistem operasi iOS melalui App Store. Fitur aksesibilitas ini juga akan secara bertahap hadir untuk sistem operasi Andorid.

Untuk mengaktifkan Mode Kontras pada aplikasi Gojek, pengguna aplikasi dapat menuju halaman utama aplikasi Gojek, klik tombol profil di ujung kanan atas layar kemudian pilih “Aksesibilitas”. pengguna aplikasi dapat melakukan pengaturan Kontras dengan cara:

A.Untuk pengguna aplikasi sistem operasi iOS
1. Klik pengaturan “Kontras”;
2. Pilih satu di antara empat mode tampilan aplikasi yaitu:
a. Standar (tampilan standar Gojek)
b. Peningkatan kontras (tampilan “Kontras” untuk seseorang yang sulit membedakan warna)
c. Sesuai pengaturan perangkat (kontras dalam aplikasi Gojek akan mengikuti pengaturan aksesibilitas pada perangkat pengguna aplikasi)
3. Tutup dan buka kembali aplikasi untuk melihat perubahan.

B.Untuk pengguna aplikasi sistem operasi Android
1. Nyalakan toggle pada pengaturan Kontras untuk mengaktifkan mode “Kontras”;
2. Matikan toggle pada pengaturan Kontras untuk nonaktifkan mode “Kontras”;
3. Tutup dan buka kembali aplikasi untuk melihat perubahan.

Color Blind Feature – Tokopedia Tutorial

Untuk mengaktifkan mode tampilan khusus di Tokopedia:

A. Pada halaman utama aplikasi Tokopedia versi iOS,
1. Klik di ujung kanan atas layar lalu klik .
2. Pilih ‘Pengaturan Aplikasi’
3. Klik ‘Mode Tampilan’
4. Pilih satu di antara empat mode tampilan aplikasi yaitu
a. ‘Light Mode’ (tampilan warna standar),
b. ‘Dark Mode’ (tampilan warna gelap),
c. ‘Protanopia and Deuteranopia’ atau tampilan warna untuk seseorang dengan kondisi sulit membedakan warna merah dan hijau,
d.‘Tritanopia’ atau tampilan warna untuk seseorang yang kesulitan membedakan warna biru dan kuning.

B. Sedangkan pada halaman utama situs web Tokopedia, arahkan kursor foto profil di ujung kanan atas layar, pilih ‘Pengaturan’ lalu ‘Mode Tampilan’.

“Penerapan fitur ini tidak hanya memenuhi kebutuhan mendesak para pengguna aplikasi penyandang buta warna, tetapi juga menetapkan standar aksesibilitas dalam industri digital, sehingga memperkuat peran kami sebagai yang terdepan dalam menciptakan ekosistem digital yang inklusif. Kami harap lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan berbagai kemudahan dalam ekosistem GoTo, termasuk Gojek dan Tokopedia,” ujar Tanah Sullivan, Head of Sustainability Grup GoTo.

Fitur ini secara tidak langsung memperkuat status Grup GoTo sebagai platform pionir inklusivitas digital di Indonesia melalui aplikasi Gojek dan Tokopedia, serta GoPay, dengan dedikasi tinggi melayani pengguna aplikasi secara efektif, apa pun kemampuan fisik mereka.

Selain hadir di Indonesia, mode kontras pada aplikasi Gojek juga dapat diaktifkan oleh pengguna aplikasi di Vietnam dan Singapura.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan