Riset Tunjukkan Jumlah UMKM Perempuan Lebih Tinggi dari Pria

0
Tokopedia
Foto: Tokopedia

Riset dari Tokopedia menunjukkan bahwa jumlah pegiat UMKM perempuan lebih tinggi dari pria saat pandemi. Riset ini terhitung sejak Februari 2020 sampai Juni 2021.

Data Tokopedia menunjukkan bahwa ada penambahan jumlah penjual di platformnya selama pandemi. Yakni, sebesar 3,7 juta dari 7,3 juta menjadi 11 juta. Para pegiat UMKM ini didominasi oleh perempuan.

“Riset LPEM FEB UI 2020 di sisi lain mengungkap bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia selama pandemi hampir 1,5x lipat lebih tinggi dibandingkan jumlah laki-laki,” ungkap Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah.

Riset UMKM Perempuan
Foto: Tokopedia

Dalam kategori Makanan dan Minuman, Prima Hayuningputri dan Anika Minarti adalah contoh perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis di tengah pandemi lewat Tokopedia. Usaha mereka Mad Bagel mengalami peningkatan penjualan hampir 4x lipat berkat mengikuti Tokopedia Nyam.

Dakara Indonesia, VIVIZUBEDI, Ederra Indonesia, NRHxNabilia merupakan contoh lain bisnis yang juga didirikan perempuan-perempuan pegiat UMKM lokal penggerak kategori Fesyen di Tokopedia. Mereka mengaku merasakan dampak dari pemanfaatan platform digital Tokopedia, salah satunya dengan mengikuti kampanye, seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Muslim Fash Forward.

Dakara Indonesia mengalami kenaikan transaksi lebih dari 2x lipat setelah mengikuti kampanye Hari BBI 2021. Sementara omzet VIVIZUBEDI meningkat 3x lipat sejak bergabung di Tokopedia. 

Jumlah transaksi Ederra Indonesia bertumbuh 9x lipat selama kuartal II/2021 dibanding periode yang sama pada dua tahun lalu. Di sisi lain, penjualan NRHxNabilia meningkat 10x lipat.

Riset UMKM Perempuan
Foto: Tokopedia

Tokopedia juga konsisten membantu sebanyak-banyaknya perempuan pegiat UMKM lokal lainnya melalui berbagai panggung digital yang sebelumnya merupakan kegiatan offline, seperti Market & Museum at Home, OH! Beauty Festival, Semasa di Tokopedia dan masih banyak lainnya.

Berbagai inisiatif tersebut telah mendorong tren belanja kebutuhan sehari-hari termasuk produk fesyen, kecantikan, kesehatan dan perawatan diri secara online terus meningkat selama pandemi. 

“Kategori Kecantikan dan Fesyen di Tokopedia menjadi beberapa kategori dengan peningkatan paling pesat selama kuartal II/2021 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya,” kata Falah.

Kaos polos dan celana pendek menjadi produk fesyen paling diburu di Tokopedia. Sementara jilbab, pashmina dan mukena bordir adalah produk fesyen muslim paling populer. Di kategori Kecantikan, serum wajah, krim malam dan toner lokal menjadi produk paling laris.

Tidak hanya mendukung perempuan pegiat UMKM lokal, Tokopedia juga terus memberikan ruang kepada para talenta digital perempuan untuk berkarya bagi Indonesia. 

Misalnya melalui kegiatan START Summit Extension: Women in Tech, di bawah naungan Tokopedia Academy, yang secara rutin mewadahi para talenta digital perempuan untuk mengembangkan diri sekaligus menginspirasi lebih banyak perempuan untuk berkarir di bidang teknologi.

Baca juga, Tokopedia Gelar Tokopedia START CX First Summit 2021


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan