53 Persen Follower Elon Musk di Twitter Ternyata Akun Bodong

0
#RIPTwitter
Elon Musk, orang terkaya di dunia, CEO Tesla dan SpaceX

Gadgetdiva.id — Siapa sangka, orang terkaya di dunia yang baru saja membeli Twitter ternyata memiliki follower palsu. Elon Musk diprediksi memiliki follower dengan akun bodong lebih setengah dari total pengikutnya di twitter.

Hal ini cukup kontradiksi mengingat Elon Musk baru saja membeli Twitter dengan harga yang fantastis. Bahkan dia berjanji akan memerangi bot dan akun bodong yang selama ini meramaikan trending topic di Twitter.

Elon Musk
Elon Musk, orang terkaya di dunia, CEO Tesla dan SpaceX

Dilansir melalui The Independent, Rabu, 4 Mei 2022, sebuah perangkat audit akun online telah menemukan fakta yang mencengangkan terkait akun Elon Musk yang disebut sebagai Giant Opinion Leader. Menurut SparkToro, sebanyak 53,3 persen pengikut akun Twitter Elon Musk ternyata adalah akun palsu atau bodong atau bot.

Akun palsu atau fake account berarti akun yang masuk kategori spam, disebut juga sebagai bots atau akun yang tidak lagi aktif, atau dibuat tapi tak pernah aktif nge-tweet.

Elon Musk dan Twitter

Diketahui, saat ini Bos Tesla itu merupakan salah satu pemegang saham terbesar Twitter. Dia mengambil alih platform media sosial itu dan berjanji akan menyingkirkan spam bot dan akun scam yang ada di Twitter.

Twitter sendiri telah mengumumkan menerima tawaran Musk sebesar USD44 miliar, yang membuatnya menjadi aksi akuisisi terbesar dalam sejarah. Kesepakatan itu diharapkan akan rampung pada Oktober tahun ini.

Elon Musk
Foto: Unsplash/Ravi Sharma

Pria terkaya di dunia itu sendiri memiliki akun resmi yang sudah centang biru di Twitter. Dia telah memiliki sekitar 90 juta follower dan menjadikannya sebagai akun paling popular nomor 8 di platform yang didirikan oleh Jack Dorsey itu.

Jika estimasi SparkToro benar, ini artinya akun palsu yang mengikuti Musk jumlahnya hampir 50 juta follower. Hanya sekitar 40 juta yang diprediksi sebagai akun asli.

“Audit ini menganalisis sampel 2.000 akun acak dari 100.000 akun terbaru yang mengikuti elon musk, kemudian melihat lebih dari 25 faktor yang berkorelasi dengan akun spam/bot/kualitas rendah,” tulis SparkToro.

Sebagai pemilik baru Twitter, Elon Musk akan mencari cara untuk membuktikan akun-akun di Twitter adalah benar-benar dibuat oleh manusia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini