Spotify Bikin Dewan Penasihat Keamanan untuk Tangani Konten Berbahaya

0
Dewan Penasihat Keamanan Spotify
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Spotify Technology umumkan pembentukan Dewan Penasihat Keamanan pada Senin (13/6) lalu. Dewan penasihat keamanan Spotify tersebut terbentuk untuk menangani kasus konten berhaya.

Dewan penasihat keamanan Spotify ini akan bertugas memberi masukan kepada pihak ketiga dan menangani isu-isu terkait konten berbahaya. Misalnya adalah hate speech, kesalahan informasi, ekstrimisme hingga penyalahgunaan platform..

Grup tersebut mewakili langkah lain yang dilakukan oleh Spotify dalam upaya menangani tersebarnya konten berbahaya pada layanan streaming audionya tersebut. Setelah kasus The Joe Rogan Experience pada awal tahun ini, di mana podcester tersebut dituduh menyebarkan informasi yang salah terkait COVID-19.

Dewan Penasihat Keamanan Spotify

Dewan Penasihat Keamanan Spotify Terdiri 18 Ahli

Dewan Penasihat Keamanan Spotify
Foto: Unsplash/Fixelgraphy

Mengutip dari Reuters Rabu ini, akan ada 18 ahli yang tergabung dalam dewan penasihat keamanan Spotify ini. Di antaranya adalah kelompok hak-hak sipil Pusat Demokrasi & Teknologi, serta perwakilan dari beberapa universitas keamanan seperti Universitas Gothenburg di Swedia dan Institiut Teknologi dan Masyarakat di Brazil.

Mereka akan memberi saran kepada Spotify saat mengembangkan produk dan kebijakan. Khususnya, saat adanya masalah yang muncul.

“Ideanya adalah untuk membawa para ahli terkenal di dunia ini, banyak dari mereka telah berada di ruang ini selama beberapa tahun, untuk mewujudkan hubungan dengan mereka,” ujar Dustee Jenkins, kepala urusan publik global Spotify.

Dewan Penasihat Keamanan Spotify
Foto: Unspalsh?Heidi Fin

Dewan penasihat keamanan Spotify ini akan murni bersifat penasihat. Sehingga, aplikasi streaming audio tersebut dapat menerima atau menolak dari sarannya.

Lain halnya dengan dewan pengawas Facebook. Yang mana bertugas memutuskan kasus yang sedang diulas. Spotify sendiri nantinya dapat mengajukan masalah yang sedang ditangani mereka untuk dipertimbangkan dewan dan memberi feedback.

Sarah Hoyle, kepala kepercayaan dan keamanan Spotify menyatakan bahwa dewan penasihat tidak dibentuk sebagai rekasi terhadap “kreator atau situasi tertentu”. Melainkan, pengakuan atas tantangan mengoperasikan layanan global pada saat ancaman terus berkembang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini