Melongok Pabrik Baru OPPO di Tangerang, Pakai Digitalisasi Big Data

0
pabrik baru oppo

Gadgetdiva.id — Pabrik baru OPPO yang berlokasi di Tangerang telah resmi beroperasi. Pabrik ini menggantikan yang lama, yang diklaim hanya 2,7 hektar luasnya.

Dengan pabrik baru OPPO ini, otomatis perusahaan bisa bekerja lebih cepat memenuhi permintaan konsumen atas smartphone yang beredar. Pasalnya, luas pabrik ini sekitar 10 hektar, hampir 4 kali lipat lebih besar dibanding pabrik lama, yang berlokasi tidak jauh dari pabrik baru saat ini, hanya berbeda wilayah administratif. Pabrik lama berlokasi pada Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci.

“Dengan luas bangunan 10 hektar, pabrik ini masuk kategori OPPO Manufacturing yang merupakan pabrik pertama yang beroperasi di Asia Tenggara. Kemampuan produksinya bisa sampai 2 juta unit per bulan,” ujar PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto, saat memandu media visit ke pabrik tersebut kemarin.

pabrik baru oppo

OPPO melakukan topping off pabrik pertama pada Desember 2014 dan mulai beroperasi penuh pada Mei 2015. Pabrik lama OPPO beroperasi pada lahan seluas 2,7 hektar dengan kombinasi lini produksi besar dan lini produksi kecil. Sementara, pabrik baru OPPO berdiri di atas lahan seluas 10 hektar dengan keseluruhan berupa lini produksi besar.
Pabrik baru ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas terbaik untuk karyawannya mulai dari fasilitas olahraga berupa lapangan sepak bola, mini soccer, running track, lapangan basket outdoor, volley, tennis meja, meja biliar hingga gym. Untuk fasiliats kesehatan, OPPO juga menyediakan klinik yang dapat dimanfaatkan oleh karyawan. Klinik ini juga mengadakan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh karyawan secara berkala tiap tahunnya. Fasilitas lain berupa kantin yang terdiri dari dua lantai yang mampu melayani 1.000 pekerja dan juga sarana ibadah berupa musholla yang dapat menampung 1.000 orang.

Untuk kapasitas, jumlah pekerja yang ditampung saat ini sekitar seribuan pekerja. Jumlahnya sendiri fluktuatif, mengikuti dengan permintaan pasar smartphone di Indonesia. Ketika memasuki masa permintaan produk tinggi, maka OPPO Manufacturing Indonesia baru kembali melakukan perekrutan pekerja. Untuk memenuhi permintaan terhadap pekerja, OPPO Manufacturing Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) Kota Tangerang yang menaungi sekitar 40 sekolah yang terdaftar dan terakreditasi oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang.

Pabrik Baru OPPO Luas 10 Hektar

pabrik baru oppo

Untuk perekrutan tenaga kerja itu sendiri, OPPO Manufacturing Indonesia hanya berkomunikasi melalui akun Instagram resmi @bmt.tangerang. Berbagai informasi resmi mengenai prerekrutan dapat dilihat pada akun tersebut guna menghindari kesimpangsiuran informasi. Untuk komposisi pekerja di OPPO Manufacturing Indonesia, sebanyak 97% merupakan tenaga kerja Indonesia dan 3% merupakan tenaga kerja asing. Tenaga kerja Indonesia pada pabrik ini juga dapat menempati berbagai posisi penting mulai dari engineering hingga level manajerial.

“Standar operasional pabrik ini mengacu pada standar internasional dan China. Desain pabriknya dibuat mirip dengan yang ada di kantor pusat OPPO di China. Pabrik ini menerapkan OPS (OPS (Oppo Production System) yang mengadopsi Lean Manufacturing System, untuk membuat sistem produksi yang lebih efisien dan cepat dibandingkan pabrik sebelumnya,” ujar Aryo.

Oppo, lanjut Aryo, juga memodernisasi proses produksi dengan menggunakan digitalisasi big data. Jadi, informasi terkait output monitoring dapat dilakukan secara real-time, baik mesin untuk produksi atau kualitas produk.

Salah satu yang tengah diproduksi di pabrik ini adalah OPPO A77s. Saat ini untuk produksi OPPO A77s, OPPO Manufacturing Indonesia telah mempersiapkan 3 (tiga) lini aktif, sementara 1 (satu) lini lainnya akan diaktifkan ketika permintaan perangkat ini semakin tinggi, khususnya pada peak season seperti akhir tahun.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan