5,4 Juta Akun Data Pribadi Pengguna Twitter Bocor, Indonesia?

0
Data Pribadi Pengguna Twitter Bocor

Gadgetdiva.idTwitter telah mengkonfirmasi bahwa data pribadi pengguna twitter telah bocor dan di curi hingga 5,4 juta, Hal ini terjadi karena sistem yang masih rentan untuk dilakukan peretasan.

Namun, perusahaan tersebut tidak memiliki bukti pasti bahwa data pengguna telah dieksploitasi. Selain itu, 1,4 juta profil Twitter untuk pengguna yang ditangguhkan juga telah dilaporkan mengalami kebocoran data.

Pemilik forum hacker bernama Breached memberi tahu bahwa ia bertanggung jawab untuk mengeksploitasi kelemahan aplikasi tersebut.

Dikatakan juga bahwa Breached telah memperoleh 1,4 juta profil Twitter untuk akun yang ditangguhkan melalui sistem yang sudah berhasil di retas, tetapi hanya dibagikan oleh secara pribadi di antara beberapa individu.

Data Pribadi Pengguna Twitter Bocor

Dari semua masalah kebocoran data pribadi pengguna Twitter, pakar keamanan Chad Loder telah mengungkapkan bahwa puluhan juta data lainnya mungkin telah dikumpulkan menggunakan sistem yang sama. Sekali lagi, data yang dikumpulkan dapat mencakup nomor telepon pribadi beserta informasi publik.

The Breacher membocorkan nomor telepon pribadi dan alamat email pengguna, yang sekiranya dapat digunakan untuk phishing dan berbagai macam penipuan lainnya.

Informasi tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mengungkap identitas dari data pribadi pengguna Twitter. Seperti biasa, berhati-hatilah terhadap email atau teks mencurigakan yang mengaku berasal dari Twitter.

Hal ini dilakukan bukan untuk melakukan pelanggaran dalam penyebaran data pribadi. Tetapi, memang sudah direncanakan untuk dapat meningkatkan kualitas keamanan Twitter.

Diketahui bahwa Twitter merupakan salah satu media sosial yang sangat banyak digunakan untuk melakukan penipuan berbasis teks. Masih banyak sekali pengguna yang belum paham terhadap phising, dan penipuan lainnya.

Melalui hal ini, diharapkan Twitter dapat membuat pengguna untuk lebih berhati-hati dalam melakukan akses yang sekiranya dapat terjadi kejahatan atau penipuan yang sangat merugikan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini