Exynos Tidak Mampu Bersaing, Samsung Persiapkan Chipset Terbaru

0

Gadgetdiva.id — Samsung telah membantuk tim baru untuk mengembangkan prosesor smartphone internal. Hal ini berkaitan erat dengat chip andalan mereka yaitu Exynos yang tidak pernah bisa menandingi chip pesaing dari Apple dan Qualcomm.

Spekulasi strategi terbaru dari Samsung, daripada mengandalkan Chipset Exynos akan lebih baik juga mereka mampu mengembangkan prosesor seluler sendiri yang dipersiapkan untuk smartphone seri Galaxy di beberapa tahun mendatang.

Namun, masih terdapat kemungkinan besar bahwa tim baru yang sudah dibentuk Samsung masih akan mencoba untuk mengoptimalkan chip Exynos alih-alih mengembangkan prosesor baru untuk smartphone entry level hingga flagship.

Samsung Setop Pakai Chipset Exynos

Tim baru ini akan dipimpin oleh Executive VP Samsung, Choi Won-Joon, yang baru-baru ini ditunjuk sebagai kepala Pengembangan perusahaan. Choi bergabung dengan Samsung pada tahun 2016 setelah bekerja di Qualcomm.

Tidak ada informasi lebih lanjut tentang rencana masa depan Samsung untuk kelanjutan dari proses pengembangan chipset atau tim baru yang sedang dibentuknya. Samsung tidak menanggapi permintaan komentar dari berbagai pihak.

Samsung merasakan ketidakpuasan terhadap prosesor yang disediakan oleh System LSI. Hal ini bisa menjadi langkah awal bagi Samsung untuk berinovasi dengan chip yang akan mereka gunakan selanjutnya di produk smartphone mendatang.

Chip Exynos memiliki kinerja yang buruk dibandingkan chip dari Apple dan Qualcomm. Persaingan yang ketat juga dihadirkan oleh MediaTek dengan meningkatnya kemampuan chip secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, seperti Dimensity 9000 yang dapat mengungguli Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Samsung memiliki kemungkinan besar untuk beralih dari chip Exynos. Ini merupakan hal yang menarik untuk melihat apa yang akan dilakukan oleh Google dengan prosesor Tensor milik mereka lantaran didasari dengan chip andalan Samsung menggunakan beberapa pengoptimalan khusus Pixel.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini