Xiaomi Kembali Lakukan PHK Pada 10 Persen Karyawan

0
Xiaomi

Gadgetdiva.id — Xiaomi kembali melakukan PHK besar-besaran kepada 10 persen tenaga kerjanya. Pemberhentian kerja tersebut dilakukan mulai pekan ini.

Sebelumnya, Xiaomi telah melakukan PHK kepada sekitar lebih dari 35.300 pekerjanya di bulan September 2022 lalu. Kini, raksasa teknologi China tersesbut kembali merumahkan sejumlah karyawannya.

Baru-baru ini, Xiaomi menerapkan optimalisasi personel rutin dan perampingan organisasi dengan pihak yang terkena dampak berjumlah kurang dari 10 persen total tenaga kerja. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh perusahaan melalui pernyataan resmi yang diterbitkannya, Selasa (20/12).

Pemberlakukan PHK di Xiaomi

Melansir dari CNET, total karyawan Xiaomi telah mencapai sektiar 35.314 pekerja pada 30 September.  Menurut hasil keuangan kuartal ketiga tahun ini, dengan sebagaian besar pekerja tersebut sejumlah 32.609 di antaranya berasal dari China, diikuti oleh India dan Indonesia.

Berita PHK ini pertama kali dilaporkan oleh South China Morning Post, mengutip dari postingan media sosial oleh pekerja yang terkena dampak serta media lokal China.

PHK di Xiaomi ini terjadi saat China bergulat dengna dampak ekonomi dari pembatasan COVID-19 selama bertahun-tahun. Diikuti oleh permintaan smartphone global yang melambat.

Xiaomi
Foto: Getty Images

Pada bulan November, Xiaomi melaporkan penurunan hampir 10 persen dalam pendapatan kuartal ketiganya. Dengan penjualan smartphone turun 11 persen dari tahun ke tahun.

Pendapatan dari smarpthone mencapai sekitar 60 persen dari total penjualan perusahaan.

Xiaomi merupakan salah satu perusahan smartphone terbesar di dunia. Perusahaan yang berbasis di Beijing ini diperkirakan telah mengirimkan lebih dari 190 juta unit smartphone pada tahun 2021.

Menurut Statista, angka tersebut merupakan penignkatan sebesar 45juta unit dibandingkan tahun sebelumnya.

PHK di Xiaomi ini mengikuti perampingan yang terjadi di sejumlah perusahaan. Termasuk Meta, Twitter dan Amazon yang secara signifikan melakukan PHK terhadap sejumlah karyawannya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini