Perkiraan Tarif Ngemis Online di TikTok, Kreator Bisa Dapat Hingga Rp 700 Ribu Per Hari

0
Ngemis Online

Gadgetdiva.id — Fenomena ngemis online bikin menghebohkan warganet baru-baru ini. Salah satu akun Twitter bahkan menghitung perkiraan tarif ngemis online yang didapat oleh para kreator tersebut.

Salah satu akun Twitter melakukan perhitungan terkait perkiraan tarif ngemis online. Dia mengungkap bahwa para pengamen daring alias cyber-beggar ini bisa mendapatkan nominal sekitar Rp. 300.000 hingga Rp. 700.000 per hari.

Perhitungannya yang dilakukannya ini diperkiraan berdasarkan UMP NTB di tahun 2023 yang diketahui sebagai wilayah asal dari pemilik akun TikTok @intan_komalasari92.

“Ambillah rata-rata dia dapet Rp. 450.000,00/hari dengan waktu cyberbegging efektif 20 hari. Udah dapet Rp9 juta per bulan. Dibagi 2 sama keluarga intinya + keluarga ortu/tetangga yg dia eksploitasi dapat Rp. 4.500.000,00,” imbuhnya lagi.

Tarif ngemis online ini merajuk pada salah satu konten milik @intan_komalasari92 yang malah meminta dikirimkan nominal sejumlah Rp 200 juta saat ditawarkan berhenti mengemis dan bekerja oleh John LBF.

Ngemis Online

Dikatakan oleh netizen Twitter tersebut, nominal Rp 200 juta ini cukup masuk akal. Pasalnya, menurutnya, @intan_komalasari92 ini telah memperkirakan untung-rugi dan mempertimbangkan faktor waktu.

“Dia minta Rp 200 juta buat modal usaha dan berhenti ngamen daring tuh ternyata beneran hasil ngitung detail untung-rugi dan mempertimbangkan faktor waktu — bukan ngasal,” tutur nama akun @askDika.

Kendati demikian, dia tetap tidak setuju dengan kegiatan ngemis online di TikTok ini.

Sementara itu, TikTok sendiri tidak membenarkan kegiatan ngemis online ini beredar di platformnya. Mereka menghimbau kepada seluruh pengguna untuk segera melaporkan akun-akun yang kedapatan melakukan hal tersebut.

Selain itu, Kemensos Tri Rismahariani juga telah mengeluarkan surat edaran. Surat tersebut menghimbau para pemerintah daerah untuk menindak lanjuti warganya yang didapati melakukan ngemis online maupun offline. Baik yang dilakukan oleh lansia, anak kecil, penyandang disabilitas dan/atau sekelompok rentan lainnya.

Lebih lanjut, Risma juga meminta pemda untuk memberi perlindungan, rehabilitasi sosial serta bantuan kepada pihak yang telah menjadi korban eksploitasi online.

Tarif Gift TikTok yang Digunakan untuk Ngemis Online

Ngemis Online

Maraknya ngemis online ini terpicu dari fitur Gift yang disediakan oleh TikTok pada Live Streaming-nya.  Bukan sekedar gambar dan ikon, tapi setiap gift memiliki nilainya masing-masing. Pembeliannya harus menggunakan koin TikTok. Satu koin TikTok harganya Rp250.

Lebih lanjut, ada beragam jenis gift TikTok yang dimanfaatkan oleh para pengemis online ini. Di antaranya sebagai berikut.

TikTok Universe
TikTok Universe ini merupakan gift termahal. Gift yang ini dibanderol senilai 34.999 koin atau seharga Rp8.049.000.

Singa
Gift TikTok termahal di bawah TikTok Universe pada 2023 ini adalah Singa. Hadiah Singa bisa dibeli atau didapatkan dengan 29.999 koin. Jika dirupiahkan, hadiah Singa memiliki harga sekitar Rp7.499.750.

3. Kereta Kuda & Kereta Kencana
Selanjutnya, ada gift Kereta Kuda. Gift TikTok ini bisa didapatkan dengan jumlah 28.888 koin. Jika dirupiahkan tidak begitu jauh dari gift Singa, yaitu Rp7 juta-an.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini