Duh, GoTo PHK 600 Karyawan Lagi!

0
gojek dan tokopedia

Gadgetdiva.id — PT Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) kembali melakukan PHK karyawannya. Pemangkasan karyawan ini dilakukan GoTo sebagai bentuk efisiensi perusahaan.

Disampaikan oleh Juru Bicara GoTo Koesoemohadiani, pemutusan hubungan kerja ini akan berdampak pada sekitar 600 karyawan GoTo. Namun, tak akan memengaruhi layanan yang diberikan kepada konsumen, pedagang maupun mitra pengemudi.

“Langkah-langkah penyesuaian tersebut sayangnya akan memengaruhi sekitar 600 posisi dalam ekosistem GoTo,” pungkas Koesoemohadiani dalam keterangan resmi yang diterima Gadgetdiva pada Jumat (10/3).

Alasan GoTo PHK 600 Karyawan

Bagi karyawan yang terdampak akan memperoleh dukungan dari perusahaan sealama masa transisi. Dukungan yang diberikan mereka tersebut telah disesuaikan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Mencakup dukungan finansial, karier dan kesejahteraan.

Koesoemohadiani juga menuturkan bahwa PHK GoTo ini merupakan salah satu bagian dari strategi mereka untuk membangun perusahaan yang berkelanjutan. Sebab itu, pihaknya telah melakukan kajian secara menyeluruh untuk menentukan pengingkatan yang dapat dilakukan dalam setiap kegiatan bisnis.

GoTo juga melakukan pengkonsolidasian sejumlah bisnis dan tim dalam eksositem mereka. Suapay menghadirkan organisasi yang lebih ramping dan siap dalam menanggapi permintaan pasar.

Salah satunya adalah dengan merancang ulang bisnis offline merchant dalam GoTo Financial. Serta, menyatukan dua tim offline merchant.

GoTo PHK

Penyesuaian seperti ini akan membantu kami memberikan layanan yang lebih baik kepada merchant, sekaligus mengurangi biaya,” tutur dia. 

Melalui konsolidasi ini, pihaknya berharap dapat melakukan menghadirkan layanan berkualitas tinggi di seluruh ekosistem. Sekaligus, menghindari adanya duplikasi fungsi dalam unit bisnis.

GoTo juga akan mengurangi skala atau menunda kegiatan bisnis dan inisiatif yang bukan merupakan layanan inti dari mereka. Salah satunya adalah dengan mengurangi beberapa bagian dari layanan Mitra Tokopedia.

“Kami akan mengurangi beberapa bagian dari layanan Mitra Tokopedia, agar sumber daya perusahaan dapat difokuskan pada kegiatan yang akan mendorong dampak lebih besar. Dan dalam kondisi dimana kebutuhan perekrutan menurun, kami juga melakukan restrukturisasi di tim rekrutmen,” imbuh dia. 

Sementara itu, PHK GoTo ini bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya, perusahaan juga pernah melakukan perampingan terhadap 1.300 atau setara dengan 12 persen karyawan pada bulan November lalu.

Per 30 Juni 2022, GoTo memiliki 9.630 karyawan. Angka tersebut meningkat dari 31 Desember 2021 sebanyak 9.044 karyawan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan