Telkomsel Enterprise Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia

0
Telkomsel enterprise

Telkomsel Enterprise merupakan perpanjangan tangan perusahaan untuk mendukung revolusi industri 4.0 di Indonesia. Upaya transformasi digital yang dilakukan banyak korporasi saat ini bukan lagi sebuah keniscayaan. Digitalisasi perusahaan diyakini bisa mendukung bisnis tumbuh lebih cepat, sekaligus mengarah ke Revolusi Industri 4.0. Di situlah dibutuhkan beragam solusi yang sesuai dengan kebutuhan digitalisasi bisnis segmen korporasi, membantu pelanggan bisnis untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman.

Tidak semua perusahaan memiliki solusi bisnis yang beragam. Untuk itulah dibutuhkan kolaborasi dan akselerasi dengan semua pihak. Salah satunya adalah Telkomsel, yang kini tidak hanya dikenal sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital tapi juga ekosistem dan gaya hidup digital.

Solusi digital untuk segmen korporasi yang dimiliki perusahaan digital lifestyle terbesar di Indonesia itu di antaranya adalah layanan Telkomsel Enterprise Advanced Connectivity dengan produk Smart Lighting, Smart Metering, dan Smart Lock (IoT NTrance) sebagai solusi end-to-end berbasis konektivitas Narrow Band Internet-of-Things (NB IoT) yang dapat menjawab kebutuhan efisiensi biaya dan daya dengan cakupan yang lebih luas. Selain itu, solusi Enterprise Advanced Connectivity didukung oleh dasbor IoT Control Center dan monitoring yang memudahkan pengontrolan secara real-time.

telkomsel enterprise

Telkomsel Enterprise juga menampilkan solusi Telkomsel Customer Engagement (nGage) yang merupakan platform berbasis cloud yang dapat menambahkan fungsi komunikasi real-time (telepon, SMS, pesan instan, jejaring sosial, konten video) ke dalam aplikasi melalui integrasi Application Programming Interface (API), dengan kapabilitas antara lain Omnichannel Messaging, Number Masking, hingga Video API untuk memungkinkan berbagai skenario komunikasi.

Telkomsel Smart Manufacturing, yang merupakan one-stop-solution menyeluruh dengan kapabilitas untuk mengintegrasikan rantai suplai perusahaan dari hulu ke hilir (end-to-end supply chain), lengkap dengan solusi production control & monitoring, Overall Equipment Efficiency (OEE), quality control using computer vision, traceability, warehouse management, manufacturing execution system (MES) dengan menyediakan data platform, sehingga meningkatkan stabilitas operasi bisnis dari aspek efisiensi, produktivitas, dan keamanan.

Telkomsel Enterprise juga menghadirkan beragam solusi bisnis digital unggulan lainnya, seperti Touch to Talk, Solusi Security, Customer Engagement Platform (CEP), serta Smart Mining. Seluruh solusi layanan tersebut dihadirkan untuk menjawab kebutuhan percepatan transformasi digital segmen korporasi, sehingga dapat mendorong penguatan semangat pencapaian Industri 4.0 secara lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Digitalisasi Pertambangan

Telkomsel telah mengembangkan solusi Smart Mining dan Private Network bersama perusahaan kontraktor pertambangan PT Putra Perkasa Abadi (PPA). Sebelumnya di industri pertambangan, Telkomsel juga telah menerapkan solusi 5G Underground Smart Mining pertama di Indonesia pada September 2022 bersama PT Freeport Indonesia dan MIND ID.

Telkomsel enterprise

Solusi Smart Mining ini dipercaya dapat mendukung operasional industri pertambangan Indonesia yang lebih aman, terkoneksi, dan terintegrasi. Untuk PT PPA, Telkomsel mengimplementasikan solusi Smart Mining dari Telkomsel Enterprise yang meliputi penyediaan private network, Infrastructure as a Service (IaaS) untuk menjangkau seluruh site yang dimiliki PT PPA, dan fuel monitoring, yang seluruhnya telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi operasional PT PPA.

Private network Telkomsel memungkinkan PT PPA untuk memiliki konektivitas dengan tingkat reliabilitas dan keamanan tinggi, serta latensi jaringan rendah di bawah 50 milisecond (ms) yang mampu mendukung proses otomasi di setiap aktivitas pertambangan maupun operasional perusahaan dengan mudah. Ketersediaan latensi rendah juga akan mendukung proses monitor aktivitas secara lebih real-time, di mana semua data dapat diintegrasikan untuk menciptakan proses kerja yang lebih aman. Kemudian, akses jaringan yang lebih cepat akan membuat perusahaan mampu menerima data secara real-time untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat, sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik pada setiap aktivitas perusahaan.

Kebutuhan PT PPA terhadap informasi data secara real-time sangat tinggi, terutama untuk monitoring penggunaan bahan bakar pada setiap armadanya. Untuk itu, diimplementasikan solusi fuel monitoring dengan IoT Intelligent Tank Monitoring System (INTANK). Layanan ini juga menghadirkan kemudahan bagi PT PPA dalam melakukan proses peninjauan ketersediaan bahan bakar pada storage tank dan tangki bahan bakar armada yang digunakan untuk melakukan aktivitas pertambangan, kapan pun dan di mana pun.

Solusi fuel monitoring tersebut akan membantu PT PPA dalam memantau penggunaan armada hingga konsumsi dan ketersediaan bahan bakar secara akurat, sehingga mampu mengelola biaya operasional dengan lebih efisien. Guna memastikan penerapan solusi Smart Mining berjalan optimal, Telkomsel turut membangun infrastruktur pendukung lainnya, yaitu infrastruktur IAAS dan pembangunan BTS untuk memastikan ketercakupan jaringan Telkomsel Private Network menjangkau seluruh area operasional PT PPA.

Sedangkan kerja sama smart mining dengan PT Freeport merupakan kolaborasi untuk menghadirkan penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining pertama di Asia Tenggara untuk mendukung operasional industri pertambangan di Indonesia. Teknologi 5G Underground Smart Mining dari Telkomsel akan mendukung otomatisasi dan kendali jarak jauh untuk meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas pertambangan PTPFI.

5G Underground Smart Mining Telkomsel Enterprise

telkomsel enterprise
Telkomsel Enterprise implementasikan 5G Underground Smart Mining di Freeport.

Penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining dari Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise di PTFI telah melalui pembaruan infrastruktur, penguatan jaringan, dan pengembangan platform untuk mobile edge computing. Saat ini, Telkomsel telah menggelar 6 unit BTS 5G yang menjangkau lokasi pertambangan PTFI di wilayah Tembagapura, termasuk area tambang bawah tanah.

Teknologi 5G Underground Smart Mining Telkomsel memungkinkan PTFI memonitor dan mencegah risiko kecelakaan kerja melalui optimalisasi penggunaan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan. Lebih jauh lagi, jaringan terkoneksi (Hyperconnected Network) kombinasi dari Telkomsel Private Network dan Edge Computing dapat menyediakan lebih banyak pemanfaatan kecerdasan buatan untuk perusahaan dalam penerapan Smart Mining yang lebih optimal.

Penerapan teknologi 5G Underground Smart Mining dari Telkomsel di tambang PTFI juga telah melalui tahap pembuktian dan pengujian jaringan untuk memastikan teknologi tersebut dapat menjadi solusi terbaik di kegiatan operasional PTFI serta membantu perusahaan dalam digitalisasi pertambangan bawah tanah. Smart Mining sendiri merupakan konsep teknologi terkini untuk mendorong optimalisasi pertambangan melalui implementasi teknologi AI (Artificial Intelligence), IoT (Internet-of-Things), Machine Learning, hingga Big Data yang dapat diterapkan dalam operasional sektor pertambangan.

Sejumlah keunggulan penerapan Smart Mining yang didukung teknologi 5G antara lain ketersediaan latensi yang rendah yang akan mendukung proses monitor aktivitas secara lebih real-time, dimana semua data dapat diintegrasikan untuk menciptakan proses kerja yang lebih aman. Kemudian, akses jaringan yang lebih cepat untuk pemanfaatan data secara real-time, yang memungkinkan perusahaan untuk menggunakan data tersebut dalam percepatan pengambilan keputusan sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengelola pertambangan. Lalu, cakupan jaringan 5G yang lebih luas dengan kapasitas perangkat terhubung yang lebih banyak, sehingga diharapkan dapat mendorong biaya operasional pertambangan yang lebih efisien.

Prospek penerapan 5G Underground Smart Mining tidak terbatas hanya pada operasional lapangan saja, tetapi juga pada seluruh lini kegiatan perusahaan, mulai dari tahap penelitian, penambangan, pengolahan, penyimpanan, hingga pengapalan. Beberapa solusi dan teknologi yang dapat dikembangkan untuk mendukung Smart Mining antara lain production performance monitoring, remote blasting, asset dan people tracking, drone surveillance dan inspection, video monitoring dan analytic dan lain sebagainya.

Teknologi 5G Telkomsel menjadi salah satu yang paling stabil di Indonesia. Ada banyak keunggulan jaringan Telkomsel, terutama di bidang kecepatan koneksinya. Tidak heran jika perusahaan banyak yang yakin dengan kemampuan dan solusi teknologi Telkomsel agar tidak tertinggal dalam Revolusi Industri 4.0.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan