Sega Beli Angry Birds dari Rovio Cuma Rp11,4 Triliun

0
sega beli angry birds
Angry Birds besutan Rovio Mobile akan diakuisisi Sega.

Gadgetdiva.id — Sega beli Angry Birds dari pengembangnya, Rovio, senilai USD772 juta atau setara Rp11,4 triliun. Dengan akuisisi ini, Sonic akan memiliki teman baru di dunia game.

Dilansir melalui Techspot, Rabu, 19 April 2023, kabar Sega beli Angry Birds telah tersebar luas. Kabarnya perusahaan sudah setuju untuk membayar mahar sebesar USD772 juta kepada Rovio Entertainment, pengembang Angry Birds.

Angka ini memang tergolong kecil untuk ukuran Sega beli Angry Birds. Pasalnya, saat Angry Birds masih popular di 2012, Zynga pernah menawar sampai USD2 miliar. Angka ini 3 kali lipat dari yang sekarang disetujui Rovio.

sega beli angry birds
Kantor Sega Corporation di Tokyo, Jepang.

Sega Beli Angry Birds

Kedua pihak, baik Rovio maupun Sega, menyebut jika akuisisi ini adalah pengambilalihan berdasarkan kedekatan atau pertemanan saja. Direksi Rovio pun dikabarkan telah menyetujui kesepakatan ini. Jika semua berjalan sesuai rencana, kesepakatan akuisisi ini diprediksi akan kelar akhir tahun.

Angry Birds adalah game mobile dengan karakter burung pemarah yang dibuat oleh studio game asal Finlandia pada 2003. Kala itu, Rovio Mobile masih bernama Relude. Sebelum Angry Birds, sudah banyak game mobile yang dibuat Rovio, namun memang game ini yang cukup menarik untuk dimainkan.

Sejak popularitasnya menanjak, nilai perusahaan Rovio juga meningkat pesar. Game berbasis free-to-play itu mengadopsi komersialisasi berbasis iklan di dalamnya. Selain itu, nama Angry Birds pun menjadi franchise untuk dipakai dalam membuat merchandise, dibuatkan film, bahkan kartun.

Angry Birds kabarnya menjadi salah satu dari 12 finalis yang akan dipilih untuk masuk dalam World Video Game Hall of Fame tahun ini.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan