Gmail Bakal Tutup Akun Non Aktif Tahun Ini

0
Top Results Gmail

Gadgetdiva.id — Mengikuti jejak Twitter, Gmail rencananya juga akan turut menghapus akun yang telah lama non-aktif. Pengumuman tersebut disampaikannya pada Selasa (16/5).

Melansir dari Engadget, hal ini dilakukan Google sebagai langkah untuk meningkatkan privasi mereka. Sekaligus, jugadapat dilihat sebagai tindakan pemotongan biaya untuk mengosongkan penyimpanan pada server Google.

Mulai akhir tahun ini, siapapun dengan akun yang tidak aktif selama dua tahun akan menerima email yang memperingatkan bahwa akun tersebut akan dinonaktifkan jika mereka tidak melakukan login dalam waktu 60 hari.

Setelah penonaktifan akun tersebut, pengguna Gmail memiliki waktu 60 hari lagi untuk login sebelum perusahaan benar-benar menghapus akunnya secara permanen.

Jadi, secara total, ini merupakan pemberitahuan empat bulan untuk memulihkan akun mereka yang mana kedengarannya cukup masuk akal. Google menyatakan bahwa mereka akan mulai menghapus akun pada Desember 2023.

Perusahaan akan mengirimkan email peringatan tersebut ke akun yang terancam dihapus. Berikut juga dengan email pemulihan.

Penonaktifan dan penghapusan akun ini juga akan turut berdampak pada layanan Google lainnya. Mulai dari Drive, Docs, Youtube, Google Photos, Meet dan Calendar. Serta, hanya akan berlaku untuk akun pribadi.

Google sendiri telah memiliki alat web untuk mengihindari penghapusan akun. Inactive Account Manager akan memberi pengguna peringatan trkait akun mereka yang tidak aktif.

Kemudian, mereka akan membiarkan pengguna memutuskan apa yang akan terjadi dengan data mereka. Selanjutnya, pengguna dapat memilih kontak terpercaya untuk memberi tahu atau bahkan mengunduh data akun yang terancam dinonaktifkan tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan