News

MusicGen Besutan Meta Bisa Hasilkan Prompt Musik Mirip ChatGPT

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Meta membesut sebuah platform AI yang dapat membuat musik berdasaarkan sebuah prompt. Platform tersebut dinamakan MusicGen.

AI dapat membuat musik dari prompt menggunakan sebuah kombinasi teknik pembelajaran mesin dan kumpulan data musik yang sudah ada sebelumnya.

Sehingga, saat diberi deskripsi teks dari gaya musik yang diinginkan, algoritma AI dapat menganalisis pola struktur dan karakteristik dari kumpulan data untuk menghasilkan komposisi musik yang selaras dengan instruksi yang diberikan.

Platform ini akan mempelajari hubungan antara berbagai elemen musik seperit melodi, harmoni, ritme dan instrumentasi yang menggunakan pengetahuan ini untuk menghasilkan karya musik orisinal. Sesuai dengan gaya, suasanan hati dan genre yang diinginkan.

Melalui pelatihan berulang dan penyempurnaan, AI yang terdapat dalam platfrom ini akan menjadi mahir dalam membuat komposisi yang menyerupai dan meniru gaya musik yang telah dipelajarinya dari kumpulan data. Dimana dapat menawarkan pengalaman musik yang unik dan dihasilkan AI berdasarkan petunjuk yang diberikan.

Kini, Meta telah melakukan hal semacam itu. Perusahaan dapat menhgasilkan musik berdasarkan prompt yang dibuat oleh penggunanya.

MusicGen dianggap sebagai pembawa musik ChatGPT, dimana memungkinkan pengguna memasukkan deskripsi teks singkat tentang jenis musik yang mereka inginkan. Kemudian, AI akan menghasilkan trek 12 detik yang selaras dengan instruksi mereka.

Meski belum bisa menggantikan bakat para musisi, MusicGen ini menawarkan pengalaman unik di lapangan. Sehingga, penting untuk dicatat bahwa AI saat ini tidak memiliki sintesis vokal.

MusicGen hanya berfokus pada instrumental. Namun, tidak merusak potensi alat untuk membuat audio latar yang layak untuk video maupun presentasi. Pembaruan MusicGen di masa mendatang dapat menyertakan opsi untuk menghasilkan vokal.

Platform ini dilengkapi dengan sekitar 10.000 trek musik yang telah berlisensi dan berkualitas tinggi. Dimana dapat dikombinasikan dengan lagu bebas royalti dari platfrom seperti Shutterstock dan Pond5.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

MSMB Mengadopsi IoT untuk 7 Green House di Temanggung
News

MSMB Mengadopsi IoT untuk 7 Green House di Temanggung

MSMB (PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru i..

Telkomsat Ajak Starlink Garap Layanan Internet untuk Bisnis
News

Telkomsat Ajak Starlink Garap Layanan Internet untuk Bisnis

Telkomsat dan Starlink Bergandengan Tangan Garap Layanan Internet Bisnis. Era Baru Konvergensi Satel..

APAC DNS Forum 2024, Perkuat Kolaborasi Internasional
News

APAC DNS Forum 2024, Perkuat Kolaborasi Internasional

The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) dan Pengelola Nama Domain Internet I..

Penggunaan Nama Domain Negara .id Tumbuh, Tapi Belum Masuk 10 Besar Dunia
News

Penggunaan Nama Domain Negara .id Tumbuh, Tapi Belum Masuk 10 Besar Dunia

Penggunaan Nama Domain berkode negara Indonesia (.id) beserta ekstensi turunannya pada tahun 2023 me..

Telkomsel Siapkan Ragam Produk dan Layanan Unggulan untuk Musim Haji 2024
News

Telkomsel Siapkan Ragam Produk dan Layanan Unggulan untuk Musim Haji 2024

Gadgetdiva.id – Telkomsel telah mengumumkan persiapan mereka untuk menyambut Musim Haji 202..


;