Mengenang John Goodenough, Penemu Cikal Bakal Baterai Ponsel

0
John Goodenough
Pengembang Baterai Lithium, John Goodenough.

Gadgetdiva.id — John Goodenough, pria berusia 100 tahun ini telah tutup usia kemarin, 25 Juni 2023. Dia merupakan salah satu ilmuwan yang berjasa dalam pengembangan baterai lithium ion.

Jika kamu menyadari mengapa smartphone, laptop, dan gadget lainnya bisa aktif bertahan dalam waktu yang lama, ini berkat John Goodenough. Baterai lithium ion yang dikembangkannya telah mampu membuat gadget bertahan lama, bahkan sampai berhari-hari.

Goodenough lahir pada tahun 1922 di Jerman. Ia menempuh pendidikan di Universitas Yale dan Universitas Chicago. Ia bekerja sebagai profesor di Universitas Oxford dan Universitas Texas. Selama kariernya, ia banyak berkontribusi dalam bidang kimia, fisika, dan teknik material.

John Goodenough
Pengembang Baterai Lithium, John Goodenough bersama Presiden AS Barack Obama.

“Dia merupakan pemimpin terdepan dalam penelitian ilmiah selama beberapa dekade dalam karirnya,” ujar Jay Hartzell dan University of Texas, tempat dimana Goodenough menjadi anggota fakultas selama 37 tahun.

Salah satu penemuan terbesarnya adalah baterai lithium-ion, yang ia ciptakan pada tahun 1980 saat bekerja di Universitas Oxford. Ia berhasil membuat katoda dengan lapisan lithium dan kobalt oksida yang menghasilkan tegangan listrik lebih besar dengan level keselamatan yang tinggi.

John Goodenough dan Baterai Lithium Ion

Penemuan ini membuka jalan bagi pengembangan baterai lithium-ion, yang sekarang ada di perangkat elektronik portabel dan kendaraan listrik.

Baterai lithium-ion yang dikembangkan oleh Goodenough baru terasa manfaatnya dan banyak digunakan oleh pabrikan gadget usai Akira Yoshino sukses menggantikan lithium dengan lithium ion yang lebih aman. Yoshino kemudian membuat desain baterai untuk Asahi Kasei.

Sony menjadikan rancangan tersebut sebagai dasar baterai lithium ion yang bisa diisi ulang untuk produk mereka, yang dijual bebas pada 1991.

John Goodenough
Baterai lithium Ion, penyempurnaan dari Litihium yang ditemukan John Goodenough.

Goodenough tidak hanya dikenal sebagai pencipta baterai lithium-ion. Ia juga berperan dalam menciptakan memori komputer yang dikenal sebagai RAM. Hingga pensiun pada usia 90-an tahun, ia juga masih aktif dalam riset teknologi baterai terbaru untuk mobil listrik dan pembangkit energi terbarukan.

Goodenough juga merupakan ilmuwan penerima penghargaan Nobel. Ia mendapat anugerah Hadiah Nobel dalam bidang Kimia pada tahun 2019 bersama M. Stanley Whittingham dan Akira Yoshino. Ia menjadi pemenang Hadiah Nobel tertua di dunia.

“Hiduplah sampai 97 tahun, dan kami bisa melakukan apa saja,” kata dia saat menerima Nobel. Dia juga mengatakan rasa syukurnya tidak dipaksa untuk pensiun di usia 65 tahun.

Goodenough meninggal Senin, 25 Juni 2023, di rumah peristirahatan di Austin, Texas. Tidak ada keterangan penyebab kematiannya atau penyakit yang diderita.

John Goodenough adalah sosok inspiratif yang telah memberikan warisan berharga bagi dunia teknologi dan sains. Ia meninggalkan jejak yang tak terlupakan dalam sejarah perkembangan baterai lithium-ion.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini