News

Huawei Bantu Optimalkan Kualitas Pendidikan Indonesia Lewat AI dan Cloud

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Kolaborasi dengan  Kemendikbudristek, Huawei dukung optimalisasi kualitas pendidikan Indonesia di era 5.0. Hal tersebut diwujudkan lewat pemanfaatan AI dan cloud.

Dalam kolaborasi ini, Huawei berinvestasi kepada pemerintah Indonesia lewat penyediaan teknologinya. Mengingat kecerdasan artifisial dan layanan cloud semakin masif dewasa ini. Bahkan dapat dimanfaatkan untuk bidang pendidikan sekalipun.

Mengenang John Goodenough, Penemu Cikal Bakal Baterai Ponsel

Director of Goverment Affairs Huawei Indonesia Yanty Joman dalam pernyataan resminya yang diterima pada Rabu (28/6) menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi AI dan layanan cloud yang disediakan oleh pihaknya ini dapat membantu pemerintah dalam merealisasikan target dan sasaran kebijakan pendidikan. Termasuk juga meningkatkan taraf hidup generasi muda saat ini.

“Investasi teknologi Huawei di Indonesia dapat menciptakan  peningkatan kualitas sistem pendidikan yang signifikan,” imbuh Yenty. 

AI sendiri dapat membantu siswa memahami dan emngelola keterbatasan mereka selama belajar. Sekaligus, dapat membantu mereka dalam pengelolaan porsi belajar mandiri seusai dengan minat mereka yang tentunya telah disesuaikan dengan kurikulum pendidikan formal perguruan tinggi.

Sedangkan, layanan cloud akan berfungsi sebagai medium kegiatan belajar yang kolaboratif. Memungkinan mereka saling bekerja sama dalam menyelesaikan tugas.

Penerapannya dalam lingkup yang lebih besar pun nyata. Teknologi cloud ini mampu memberi dampak positif pada pengembangan kemampuan kolaborasi dan komunikasi mahasiswa yang menjadi modal utama ketika mereka terjun ke dunia kerja.

Pelibatan kecerdasan artifisial dapat membantu tenaga pengajar mempelajari dan menganalisis big data terkait pembelajaran. Analisis data ini menjadi landasan berpijak bagi  pihak penyelenggara pendidikan tinggi ketika menyusun kurikulum atau merekomendasikan  pembekalan yang tepat kepada siswa untuk meningkatkan kapabilitasnya.  

Huawei Techday 2023

Kolaborasi tersebut terangkum dalam Huawei Techday 2023. Dimana merupakan tindak lanjut dari Note Kesepahaman antara Kemendikbudristek dan Huawei yang berperan sebagai wadah edukasi dan sosialisasi pemanfaatan solsui TIK di lingkup pendidikan tinggi.

Huawei

Huawei Techday 2023 sendiri melibatkan sekitar 200 peserta dari kalangan mahasiswa dan tenaga pendidik preofesional. Dalam program ini, para mahasiswa dapat mengikuti berbagai program pelatihan penggunaan aplikasi AI yang disampaikan oleh Huawei Asean Academy Indonesia.

Mereka juga akan menjadi bagian dari implementasi pilar komitmen Huawei “I Do Contribute” yang ingin mencetak 100.000 talenta TIK di Indonesia  hingga 2025 mendatang. Kini, Huawei telah memberi pelatihan, pembekalan dan sertifikasi kepada lebih dari 80.000 SDM TIK. 

“Kemendikbudristek menghargai kontribusi berkelanjutan Huawei sebagai mitra teknologi  pemerintah di bidang pendidikan untuk mendorong fungsi dan fitur teknologi AI serta layanan  cloud menjadi bagian utama dalam tumbuh kembang teknologi pendidikan di masa depan,” tutup Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbudristerk Prof Nizam. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Akta Pisah Ditandatangani, Berharap Tak Ada Lagi Anjuran 'Restart Modem' di IndiHome
News

Akta Pisah Ditandatangani, Berharap Tak Ada Lagi Anjuran 'Restart Modem' di IndiHome

Gadgetdiva.id — IndiHome telah resmi berpindah induk dari Telkom ke Telkomsel. Hal ini dita..

Mengenang John Goodenough, Penemu Cikal Bakal Baterai Ponsel
News

Mengenang John Goodenough, Penemu Cikal Bakal Baterai Ponsel

Gadgetdiva.id — John Goodenough, pria berusia 100 tahun ini telah tutup usia kemarin, 25 Ju..

Bertajuk Moving To The Next Level, Selular Award Resmi Digelar Hari ini
News

Bertajuk Moving To The Next Level, Selular Award Resmi Digelar Hari ini

Gadgetdiva.id – Selular Media Network (SMN) menggelar Selular Award 2023 di Park Regis Ario..

Erajaya Ajak Komunitas Rayakan Urmazing RUN 2023
News

Erajaya Ajak Komunitas Rayakan Urmazing RUN 2023

Gadgetdiva.id – Erajaya Active Lifestyle melalui Urban Republic pada tanggal 25 Juni 2023 m..


;