Daftar Ponsel Samsung Yang Tak Lagi Dapat Pembaruan Software 2023

0
daftar ponsel Samsung
Samsung Galaxy S10

Gadgetdiva.idSamsung dikabarkan akan menghentikan dukungannya terhadap smartphone produksinya yang telah usang. Bahkan tahun ini ada beberapa yang tidak lagi dapat pembaharuan.

Seperti halnya para produsen gadget di dunia, Samsung juga merasa perlu untuk tidak lagi men-support ponsel-ponsel yang dianggap sudah tak layak lagi dari sisi performa. Termasuk Samsung Galaxy A dan flagship S.

Ponsel bagus tidak selamanya bertahan dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Setelah beberapa waktu, sangat wajar bagi produsen ponsel untuk berhenti memperhatikan ponsel-ponsel lama. Software di ponsel juga tidak akan bisa diperbaharui karena hardware di dalamnya juga tidak bisa merespons.

daftar ponsel samsung
Ilustrasi Kantor Samsung | Foto: Unsplash

Saat perangkat tidak mendapatkan pembaharuan software, resiko disusupi virus dan trojan pun semakin tinggi. Sudah pasti spyware dan malware akan semakin memenuhi perangkat tersebut.

Artinya, performa perangkat juga turun drastis. Tidak ada lagi dukungan pembaruan perangkat lunak juga berarti tidak ada kinerja.

Di Samsung, rata-rata ponsel Galaxy akan mendapatkan empat kali pembaruan software atau sistem operasi. Di samping itu ada juga pembaharuan software keamanan selama lima tahun pemakaian. Makanya, tahun ini dipastikan akan banyak ponsel Galaxy yang dihentikan pembaharuan software-nya.

Di lini Galaxy Seri A, beberapa ponsel yang akan dihentikan pembaharuannya seperti Galaxy A10 yang meluncur pertama kali di 2019, bersama dengan Galaxy A30, Galaxy A40 dan A50. Namun, khusus untuk A10 dan A40, dikabarkan masih berhak atas update firmware selama enam bulan sekali.

Sedangkan untuk Galaxy S, yang masuk dalam kategori flagship, juga akan mendapat jatah penghentian update. Beberapa di antaranya adalah Samsung Galaxy S10 Series, termasuk Galaxy S10, S10e, dan S10+.

Samsung Galaxy A50s
Samsung Galaxy A50

Galaxy S10 Series merupakan perangkat Samsung yang diluncurkan pada 2019. Pertama kali muncul, mereka dibekali dengan software One UI berbasis Android 9. Kini, masa hidup mereka berakhir tahun ini dengan mengemban software One UI 4 berbasis Android 12. Selain update OS, dukungan update firmware juga akan dihentikan tahun ini di S10.

Selain seri A dan S yang sudah disebutkan di atas, Samsung juga akan menghentikan dukungan software terhadap ponsel Galaxy Note 10 Series, Galaxy Z Flip, Galaxy A72, Galaxy M62, and Galaxy F62.

Namun khusus untuk Galaxy S10 5G dan S10 Lite yang berasal dari keluarga Galaxy S10, masih akan mendapatkan update software sampai tahun depan. Hal ini dikarenakan kedua perangkat ini meluncur setahun setelah saudara S10 lainnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini