Digiland 2023 Dukung Generasi Muda Elevasi Masa Depan Tanah Air

0
Digiland 2023

Gadgetdiva.id — Telkom Indonesia melalui Digiland 2023 mengajak generasi muda untuk elevasi masa depan Tanah Air. Perhelatan tersebut resmi digelar Sabtu (8/7) kemarin.

Digiland 2023 sendiri merupakan konferensi digital yang diikuti oleh lebih dari 5.000 peserta. Mereka terdiri atas mahasiswa dan pelajar, komunitas dan pelaku UMKM serta karyawan BUMN.

Mengangkat tema “Elevating Your Future”, Digiland 2023 dibuka oleh speech dari Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dan Wakil BUMN II Kartika Wiroatmodjo yang membahas peningkatan kapabilitas talenta digital Indonesia. Kemudian, diikuti oleh Dedy Corbuzier selaku Founder dan CEO Dektos Indonesia yang membagi kiat-kiat yang harus dijalankan generasi muda untuk adaptif, bertahan dan berkembang di era digital yang dinamis.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil BUMN II Kartika Wiroatmodjo menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan talenta digital yang spesialis, bukan generalis. Guna menghadapi perubahan yang terjadi pada era digital.

Dia berharap dunia pendidikan, starupt dan korporasi dapat saling terikat untuk membentuk sebuah ekosistem. Sehingga, para generasi muda dapat memahami kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh negara ini.

“Kita membutuhkan talenta digital yang spesialis, bukan  generalis sehingga diharapkan dunia pendidikan, dunia startup dan korporasi dapat terkoneksi  membentuk sebuah ekosistem. Sehingga para generasi muda tahu di mana core competencies yang  dibutuhkan,” tegas Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dalam pernyataan resminya dikutip Minggu (9/7).

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansya menyatakan bahwa untuk bertahan dari distrupsi kita harus siap menghadapi perubahan dan tidak terpaku dengan satu hal.

“Untuk bisa bertahan dari disrupsi, kita harus siap untuk berubah dan tidak hanya fokus pada satu hal.  Keep moving, keep changing, dan terus berinovasi mencari business model baru untuk melahirkan sesuatu  yang bermanfaat bagi banyak orang,” ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah.

Digiland 2023

Ririek juga  menyinggung refocusing bisnis Telkom saat ini yang fokus menyasar segmen Business-To-Business (B2B). Sementara, Telkomsel fokus pada segmen Business-To-Consumer (B2C).

Deddy Corbuzier menekankan kepada peserta konferensi khususnya anak muda bahwa  untuk kesuksesan itu murni dari sebuah usaha. Dia turut mengajak generasi muda untuk terus beradaptasi  dan belajar terus menerus.

“Jangan pernah merasa terlalu muda ataupun terlalu tua untuk belajar sesuatu,” pungkas Deddy.

Konferensi Digital Telkom Indonesia Digiland 2023

Adapun sesi lainnya yang diisi oleh pembicara yang menarik. Seperti sesi yang bertajuk Elevating Your Enterprise. Sesi ini diisi oleh Wakil Direktur Utama Blue Bird Sigit Djokosoetono, Co-Founder & CEO Zenius Sabda PS, serta Co-Founder & CEO KoinWorks Benedicto  Haryono. Sesi ini membahas mengenai tren dan peluang bisnis, tantangan dalam menjalankan bisnis,  pemanfaatan teknologi digital.

Sesi ketiga adalah Elevating Your Business yang membahas pengembangan bisnis UKM di Indonesia untuk  Go Global bersama Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana R, Direktur Utama  SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata, Founder Hijack Sandals Zaky Winata, Direktur Operasional,  Digital dan Teknologi Informasi PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Sunar Basuki, serta Owner Onty  Cake & Bakery Trias Wahyu Arditya sebagai UMKM Binaan Rumah BUMN Telkom.

Pada akhir sesi ketiga turut dilakukan penandatangan nota kesepahaman “Sinergi Korporasi untuk  Akselerasi Penetrasi Market Segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah” antara Telkom dengan PNM dan  SMESCO oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana R, Direktur Operasional, Digital  dan Teknologi Informasi PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Sunar Basuki dan Direktur Utama  SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata, serta disaksikan langsung oleh Direktur Utama Telkom Ririek  Adriansyah.

Pada sesi Elevating Your Impact, Digiland 2023 Conference juga menghadirkan para pakar yang peduli akan keberlangsungan bumi yaitu CMO & Co-Founder Octopus Hamish Daud, Founder & Head Trisakti Sustainability Centre Juniati Gunawan, Pendiri One Fine Sky Yuni Jie, dan Pendiri EwasteRJ Rafa Jafar, serta  Direktur Wholesale & International Business Telkom Bogi Witjaksono. Konferensi ditutup oleh sesi  Elevating Your Passion bersama Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid, Pendiri Narasi  Najwa Shihab serta content creator Nex Carlos dan Fiki Naki.

Digiland 2023

Sebagai bagian dari rangkaian Digiland 2023, konferensi yang diselenggarakan diharapkan dapat  mendukung para pelaku bisnis serta masyarakat di berbagai lapisan untuk mengelevasi kapabilitas,  pengetahuan, serta talentanya dalam meraih masa depan.

Tak hanya konferensi, Digiland 2023 yang berlangsung pada 8-9 Juli 2023 di Istora Senayan Jakarta juga  dimeriahkan oleh penampilan dari artis papan atas seperti Cokelat, Jamrud, Padi Reborn, Lyodra dan artis  lainnya, serta pameran UMKM Binaan Telkom dan pameran teknologi serta layanan terbaru  TelkomGroup, hingga Pasar Rakyat. Digiland 2023 juga akan diselenggarakan di Surabaya pada 23 Juli 2023 mendatang.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan