OpenAI Mau Integrasikan ChatGPT dengan Metode Pembelajaran Siswa di Sekolah

0
Emmet Shear
Foto: Unsplash

Gadgetdiva.id — OpenAI sedang mempertimbangkan untuk mengintegrasikan ChatGPT untuk terintegrasi ke dalam ruang kelas. Perusahaan telah menyadari potensi chatbot tersebut dalam pendidikan dan tengah berupaya memanfaatkan kemampuannya untuk pembelajaran.

Melansir dari Gizmochina, OpenAI dikabarkan akan mempertimbangkan untuk mengintergasikan ChatGPT ke ruang kelas.

Sebelumnya, ChatGPT dinilai berpotensi dapat menimbulkan perilaku menyontek bagi para siswa. Sehingga, dianggap menjadi ancaman terhadap integritas akademik.

Awalnya, para guru khawatir dengan kemungkinan siswa yang menggunakannya untuk menyontek. Namun, perspektifnya sendiri telah berubah mereka melihat manfaat AI dalam meningkatkan metode belajar dan mengajar.

Usulan penggunaan ChatGPT dalam dunia pendidikan membuka banyak kemungkinan. Chatbot ini dapat berfungsi sebagai tutor yang dapat dipersonalisasi, menawarkan dukungan yang disesuaikan untuk siswa dengan gaya belajar yang berbeda.

Bagi para guru, ChatGPT dianggap dapat menjadi asisten. Sehingga, dapat membantu mereka dalam pengembangan kurikulum dan membawa elemen-elemen kreatif lainnya ke dalam kelas. Seperti membuat narasi sejarah atau penjelasan ilmuah.

Salah satu manfaat utama ChatGPT ialah sifatnya yang tidak menghakimi, mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan tanpa rasa malu. Termasuk juga dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan di dalam kelas, terutama bagi mereka yang ragu-ragu untuk berpartisipasi dalam suasana tradisional.

Kendati demikian, integrasi ChatGPT ke sistem pembelajaran sekolah dapat menimbulkan tantangan baru. Khususnya, dalam masalah privasi anak di bawah umur yang perlu dipertimbangkan dengan cermat.

Beragamnya undang-undang privasi online di dunia hadir untuk memastikan penggunaan AI yang aman dan etis dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, inisiatif OpenAI untuk melibatkan para pendidik dan menjelaskan terkaiit risikonya merupakan langkah yang benar.

Selain itu, OpenAI sendiri telah bekerja sama dengan organisasi pendidikan seperti Khan Academy dan Schmidt Futures. Merupakan komiten perusahaan menjadikan AI sebagai alat pendidikan, terutama bagi mereka yang ada di komunitas kurang terlayani.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini