Sam Altman Diminta Kembali Jadi CEO OpenAI oleh Dewan Direksi

0
Sam Altman
Foto: EPA

Gadgetdiva.id — Dipecatnya Sam Altman dari jabatannya sebagai CEO OpenAI menghebohkan industri teknologi AI di Amerika Serikat. Kini, Dewan Direksi perusahaan dikabarkan meminta dirinya kembali menduduki jabatannya.

Berdasarkan laporan dari The Verge pada Minggu (19/11), Sam Altman diminta kembali menjadi CEO OpenAI oleh Dewan Direksi perusahaan. Permintaan tersebut dilakukan satu hari setelah dirinya dipecat.

Sedangkan, Forbes melaporkan pada hari Sabtu (18/11), bahwa para investor OpenAI meminta Sam Altman kembali menduduki jabatannya sebagai CEO.

Menurut sebuah sumber, pada prinsipnya, para dewan telah setuju untuk mengizinkan Sam Altman untuk kembali memimpin perusahaan. Kendati, dirinya dalam keadaan ‘ambivalen’.

Laporan Reuters menyatakan bahwa Sam Altman tengah berdiskusi untuk mendirikan perusahaan AI-nya sendiri.

Pemecatan Sam Altman sebagai CEO OpenAI sendiri menimbulkan efek yang cukup besar bagi perusahaan. Beberapa jam setelah pengumuman pemecatannya, presiden dan mantan ketua dwan OpenAI Greg Brockman mengundurkan diri dari jabatannya.

Pada hari Jumat (17/11), sejumlah peneliti senior OpenAI juga turut mengundurkan diri. Sebuah sumber memperkirakan bahwa akan semakin banyak lagi karyawan yang menyusul untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

Tak lama setelah pemecatan Altman, Microsoft sebagai investor terbesar OpenAI menerbitkan pernyataan bahwa perusahaan akan tetap berkomitmen untuk melanjutkan kemitraannya dengan perusahaan tersebut. Namun, para investor lainnay tidak diberi peringatan sebelumnya atau kesempatan untuk mempertimbangkan keputusan dewan direksi dalam memecat Altman.

Dewan Direksi OpenAI sendiri saat ini terdiria tas kepala ilmuwan Ilya Sutskever, CEO Quora Adam D’Angelo, mantan CEO GeoSim Systems Tasha McCauley dan Direktur Strategi Georgetown’s Center for Security and Emerging Technology.

Tak seperti perushaaan tradisional, dewan direksi OpenAI tidak ditugaskan untuk memaksimalkan nilai pemegang saham dan tidak ada satupun dari mereka yang memiliki ekuitas di OpenAI. Sebaliknya, misi mereka adalah untuk memastikan terciptanya kecerdasan umum buatan yang dapat bermanfaat secara luas atau AGI.

Sutskever yang juga turut mendirikan OpenAI dan memimpin para peneliti, berperan penting dalam pemecatan Altman minggu ini. Perannya dalam kudeta tersebut menunjukkan adanya perebutan kekuasaan antara sisi riset dan produk perusahaan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan