News

Kemenkominfo Beber Kunci Transformasi Digital Merata di Indonesia

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa internet cepat jadi kunci dari meratanya transformasi digital di Indonesia. Sekaligus, dapat mempercepat Indonesia Maju tahun 2025 mendatang.

“Kalau tidak bisa meningkatkan kecepatan internet jangan harap akan melalui tansformasi digital dengan baik,” demikian ungkap Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dalam acara BBDC Topping Off JST Site Pusat Data Tier IV Jakarta di Jakarta Timur.

Sharp Indonesia Ramaikan Jak Japan Matsuri 2023

Menurut pemaparan Budi, kecepatan internet di Indonesia saat ini masih 23,3 mbps per detik. Meski, di wilayah Jakarta sudah lebih tinggi. Hal tersebutlah menjadi tantangan utama bagi Indonesia.

Sementara, penetrasi internet di Indonesia sendiri kini mencapai 78 persen. Sehingga, dapat diartikan bahwa kini sudah ada lebih dari 200 juta orang telah terkoneksi oleh internet.

Oleh sebab itu, Menteri Kominfo tengah melakukan beragam insentif 5G ke beberapa telekomunikasi. Hal tersebut dilakukan supaya jumlah penetrasi internet di Indonesia semakin meningkat.

“Saya sedang mendorong asosiasi telekomunikasi seluler Indonesia untuk sama-sama menggodok insentif untuk 5G,” imbuh Budi.

Apalagi, Indonesia sendiri memiliki keunggulan dalam frekuensi sebesar 700Mhz. Frekuensi ini berpotensi untuk digunakan dalam jaringan 5G.

Budi melihat bahwa infrastruktur internet sangat penting. Sebab, dapat mendukung perkembangan ekosistem digital lainnya untuk lebih cepat dan merata. Misalnya, e-commerce.

Menteri Kominfo menambahkan pula bahwa pihaknya kini telah mengajak beberapa konsultan untuk membuat roadmap transformasi digital di lima tahun ke depan dan menuju 2045. Yakni, McKinsey.

Dirinya melihat bahwa perhitungan yang dilakukan oleh McKinsey ini rapih. Mereka dapat memproyeksi demand, kecepatan dan pilihan teknologi.

“Hitungan mereka rapih, demandnya bagaimana, kecepatannya bagaimana, pilihan teknologinya bagaimana, semua dirumuskan dengan pemerintah sehingga kita tidak salah melangkah,” tutupnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Menkominfo Budi Arie Setiadi Sempat Ajak Kpopers Dukung Prabowo - Gibran
News

Menkominfo Budi Arie Setiadi Sempat Ajak Kpopers Dukung Prabowo - Gibran

Gadgetdiva.id — Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengajak pa..

Sharp Indonesia Ramaikan Jak Japan Matsuri 2023
News

Sharp Indonesia Ramaikan Jak Japan Matsuri 2023

Gadgetdiva.id – Sharp sebagai produsen elektronik asal Jepang ikut meramaikan Jak-Japan Mat..

Sam Altman Diminta Kembali Jadi CEO OpenAI oleh Dewan Direksi
News

Sam Altman Diminta Kembali Jadi CEO OpenAI oleh Dewan Direksi

Gadgetdiva.id — Dipecatnya Sam Altman dari jabatannya sebagai CEO OpenAI menghebohkan indu..

Telkomsel Bersama Productive+ Dukung Teman Disabilitas Berwirausaha
News

Telkomsel Bersama Productive+ Dukung Teman Disabilitas Berwirausaha

Gadgetdiva.id – Memperkuat konsistensi sebagai social impact enabler yang senantiasa memb..


;