Robot LG, Punya 2 Kaki Bisa Bantu di Rumah dan Jadi Teman Anak

0
robot LG
Robot AI LG akan diperkenalkan di ajang CES 2024.

Gadgetdiva.id — Ini bukan hewan, melainkan robot LG. Bentuknya memang mirip anak kecil dengan dua kaki dan seolah sedang menggunakan headphone. Bisa membantu di rumah, serba bisa.

Robot buatan LG ini cukup menarik untuk dimiliki. Selain ramah dan sangat membantu, robot ini bisa menjadi teman bagi anak-anak di rumah. Robot ini dapat membantu untuk mengawasi anak-anak di rumah, atau memantau hewan piaraan dalam rumah.

LG Robot AI ini kabarnya akan dipamerkan di ajang Consumer Electronic Show dalam waktu dekat. Selain memiliki dua kaki, di bagian bawahnya ada roda untuk bisa berjalan sendiri berkeliling di dalam rumah.

Robot LG
Robot AI LG akan diperkenalkan di ajang CES 2024.

LG mengatakan robot tersebut bisa dijadikan layaknya asisten rumah dan pendamping, bisa bercakap menggunakan speaker dan berbagai sensor untuk mengumpulkan data lingkungan secara real-time, termasuk memantau suhu, kelembaban dan kualitas udara dalam ruangan.

Robot LG Berbasis AI

Bot AI mungil ini juga dapat berinteraksi dengan perangkat rumah pintar dan bahkan berpatroli secara mandiri di rumah saat pemiliknya pergi, mengirimkan notifikasi jika menemukan jendela terbuka atau lampu yang tak sengaja dibiarkan menyala. Salah satu fitur yang menarik bagi pemilik hewan peliharaan adalah kemampuan robot yang memungkinkan melihat dan merawat hewan peliharaan dari jarak jauh dan mengirimkan peringatan jika ada aktivitas tidak biasa yang terdeteksi.

LG mengatakan robot ini juga dapat membedakan emosi melalui suara dan ekspresi wajah, bisa memilih musik atau konten lain yang sesuai dengan suasana hati. Robot ini juga dapat melakukan tugas-tugas bergaya asisten digital seperti memberikan jadwal pribadi dan memberikan pengingat kepada orang-orang.

Agen AI ini dilengkapi dengan Platform Robotics RB5 Qualcomm, sebuah perangkat lunak dan perangkat keras yang dirancang untuk mendukung pengembangan robot cerdas, hemat daya, dan hemat biaya. Kelengkapan fiturnya seperti pengenalan wajah dan suara melalui kamera dan mikrofon. LG mengatakan robot tersebut dapat bergerak, belajar, memahami, dan terlibat dalam percakapan yang kompleks.

Di masa depan, LG mengungkap jika robot ini diharap bisa membuat penggunanya bebas dari pekerjaan rumah tangga, atau tanpa pembantu rumah tangga.

Namun belum ada informasi detil terkait dengan harga yang akan dibanderol oleh robot LG ini. Yang jelas, jika dibandingkan dengan robot Astro milik Amazon, harganya sekitar USD1.450 atau setara Rp22 jutaan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan