Bosch Pamerkan Teknologi dengan Energi Berkelanjutan di Gelaran CES 2024

0
Bosch

Gadgetdiva.id –  Kembali berpartisipasi dalam CES 2024 di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Bosch menghadirkan sejumlah inovasi baru pada produk dan layanannya berbasis teknologi elektrifikasi dan hidrogen mulai dari kebutuhan mobilitas, hunian, hingga industri. Mengandalkan teknologi tersebut, perusahaan berkomitmen memberikan manfaat hidup yang lebih mudah, aman, dan nyaman serta tetap berdampak baik bagi lingkungan dan planet kita. 

Untuk masa depan rendah emisi, kami mengoptimalkan penggunaan sumber energi tradisional dengan mendorong elektrifikasi dalam mobilitas, bangunan komersial, dan rumah. Dan kami memanfaatkan sumber energi baru yang berkelanjutan – dengan hidrogen memainkan peran sentral,” jelas Tanja Rückert, anggota dewan manajemen Robert Bosch GmbH di CES 2024 di Las Vegas.

Hadirnya Bosch dalam ajang tersebut juga ditandai dengan Penghargaan Inovasi CES® untuk perangkat mobilitas Automated Valet Parking System dari CTA. Teknologi tersebut dilengkapi sistem parkir valet otomatis yang memungkinkan mobil listrik dapat bergerak sendiri ke stasiun pengisian daya.

Rückert menjelaskan dengan hanya mengendalikan melalui smartphone saja, pengendara dapat mengarahkan kendaraannya ke robot pengisi baterai yang akan melakukan pengisian daya mobil mereka. Selanjutnya kendaraan bermanuver ke tempat parkir dan memberikan tempat pengisian daya untuk kendaraan selanjutnya. 

Bosch

“Kombinasi unik ini menjadikan Bosch sebagai pemimpin di pasar tersebut melalui solusi pengisian valet otomatis dan parkir valet otomatis. Perusahaan berkomitmen untuk selalu memberikan kenyamanan yang lebih baik dalam elektromobilitas tidak hanya meningkatkan daya tariknya tetapi juga penerimaannya.” jelas dia

Sebagai komponen utama untuk mobilitas listrik, tingginya permintaan pada semikonduktor inovatif silikon karbida (SiC) menjadikan Bosch semakin fokus sebagai penyedia terkemuka di seluruh rantai nilai industri elektromobilitas, mulai dari chip, penggerak modular mobil listrik (e-axles), motor listrik hingga teknologi baterai, stasiun pengisian daya, dan berbagai layanan lainnya.

Penggunaan chip SiC pada mobil listrik dapat memperluas jangkauan berkendara dan menjadikan pengisian daya lebih efisien dimana energi yang terpakai lebih rendah hingga 50 persen. Bahkan mobil mereka dapat menempuh rata-rata perjalanan yang lebih jauh dalam satu kali pengisian baterai dengan estimasi jarak 6 persen lebih jauh daripada chip berbasis silicon.

Mengenai hal tersebut, sejak 2021, Bosch telah memproduksi chip SiC di pabrik di Reutlingen, Jerman sebagai langkah perusahaan memperkuat jaringan manufaktur semikonduktor internasionalnya. Dengan selanjutnya Bosch menargetkan untuk dapat produksi chip SiC pertama di AS pada tahun 2026 dan dapat meningkatkan output perusahaan sepuluh kali lipat di tahun mendatang. 

Bosch

Tak hanya itu, pada perhelatan ini Bosch juga turut menampilkan fitur baru yakni fungsi pengatur waktu pada peralatan rumah tangga seperti oven, pengering, dan mesin cuci. Salah satunya dan untuk pertama kalinya, Bosch melangkah lebih jauh dan melengkapi mesin pencuci piring generasi terbarunya dengan fungsi “MySchedule”. Fitur ini secara otomatis akan menjadwalkan dimulainya siklus pencucian yang bertepatan dengan masa ketika biaya listrik paling rendah atau lebih ramah lingkungan.

Selanjutnya, bagi pengguna perkakas listrik profesional Bosch, perusahaan juga mengumumkan mitra strategis baru untuk platform baterai alat listrik AMPShare. Bosch AMPShare adalah sistem baterai lintas merek yang memungkinkan para bisnis dan industri profesional dapat lebih fleksibel untuk beralih ke peralatan profesional merek lainnya tanpa harus menukar baterai. Untuk itu, saat ini sudah lebih dari 30 mitra global telah bergabung dalam sistem.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan