Telkomsel dan Google Kolaborasi Bikin RCS, Layanan Perpesanan Lebih Canggih dari SMS

0
RCS

Gadgetdiva.id — Telkomsel dan Google meluncurkan layanan Rich Communication Services (RCS) dengan Rich Business Messaging (RBM) pada hari ini, Senin (26/1). Fungsinya untuk menghadirkan pengalaman lebih tinggi dari Short Messaging Service (SMS).

RCS dihadirkan untuk menignkatkan pengalaman komunikasi pelanggan dan menyajikan solusi pesan singkat yang diklaim lebih canggih. Serta, diperkaya dengan beragam fitur yang didukung oleh infrastruktur Telkomsel di Tanah Air.

Melalui RCS, pengguna dapat melakukan hubungan interaktif yang lebih tinggi. Mereka juga dapat berbagi konten multimedia, berpartisipasi dalam obrolan grup serta mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.

RCS

“Kolaborasi dengan Google untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui kehadiran layanan RCS dengan RBM merupakan langkah yang sejalan dengan semangat # PastiAdaSolusi dan menjadi wujud komitmen kami untuk menyediakan solusi khusus melalui teknologi terkini kepada para pelanggan bisnis di Indonesia,” ungkap Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam dalam konferensi pers, hari ini.

Tak hanya pelanggan, para pelaku bisnis juga dapat menggunakan semua fitur canggih RCS untuk menyampaikan RBM kepada pelanggan dengan use case spesifik sesuai kebutuhan mereka.

Layanan RBM akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia dan bagi pelanggan pemegang saham Telkomsel, Singtel, di Singapura, dengan mempertimbangkan ketersediaan perangkat yang sudah mendukung teknologi ini.

Ke depannya, pelanggan akan dapat menikmati lebih banyak fitur dan manfaat seiring dengan perkembangan layanan RCS.

RCS

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Penyelenggara Pos dan Informatika Kemenkominfo Wayan Toni Supriyanto, menyatakan bahwa RCS sebenarnya telah dikembangkan sejak tahun 2007. Perannya kerap diposisikan sebagai SMS dan MMS generasi berikutnya.

Hal tersebut disebabkan pesan SMS dan MMS tidak didukung oleh enkripsi, tanda terima telah dibaca, pesan grup dan animasi stiker. Terlebih layanan tersebut juga memiliki pesan yang terbatas pada koneksi selular dan batasan jumlah karakter yang dikirim.

“RCS memungkinkan pengguna memanfaatkan banyak fitur yang sebelumnya ekslusif untuk platform perpesanan terkemuka saat ini,” jelas Wayan.

Nantinya, untuk menggunakan layanan RCS, pengguna dapat terkoneksi selular ataupun tautan WiFi. Sehingga, SMS nantinya dapat berfungsi sebagai cadangan. Layanan ini bukan menjadi sebagai pengganti atau pesaing aplikasi perpesanan instan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan