Elon Musk Implan Chip di Otak Manusia

0
Elon Musk

Gadgetdiva.id — Elon Musk, melalui perusahaan rintisannya, Neuralink resmi melakukan implan chip pertama di otak manusia. Pasien pertamanya tersebut kini dalam kondisi pulih dengan baik.

“Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan,” cuitnya dalam platform X Twitter pada Senin (29/1).

Melansir dari Reuters, lonjakan alias spikes merupakan aktivitas yang digambarkan oleh National Institute of Health sebagai sel yang menggunakan sinyal listrik dan kimia untuk mengirim informasi ke tubuh. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat sebelumnya telah membeir izin kepada Neuralink untuk melakukan percobaan pertama dalam pengujian implan ke manusia.

Studi utama perusahaan ini merupakan uji coba untuk antarmuka otak komputer wireless untuk mengevaluasi keamanan implan dan robot bedah. Menurut situs web perusahaan, studi ini akan menilai fungsionalitas antarmuka yang memungkinkan penderita quadriplegia atau kelumpuhan keempat anggota tubuh untuk mengontrol perangkat dengan pikiran mereka.

Pada bulan September 2023 silam, Neuralink mengumumkan uji coba implan. Perusahaan menyatakan bahwa selama penelitian, sebuah robot yang dikembangkan oleh perusahaan akan melakukan pembedahan untuk menempatkan benang “sangat halus” pada imlan yang membantu mengirimkan sinyal ke dalam otak partisipannya.

Sementara, awal bulan Januari 2024 ini, Neuralink dilaporkan dikenakan denda akibat melanggar peraturan Departemen Transportasi AS (DoT) terkait pemindahan bahan berbahaya.

Selama inspeksi fasilitas perusahaan di Texas dan California pada bulan 2023, para penyelidik DoT menemukan bahwa Neuralink telah gagal mendaftarkan diri sebagai pengangkut bahan berbahaya. Mereka juga menemukan pengemasan limbah berbahaya yang tidak tepat, termasuk cairan Xylene yang mudah terbakar.

Xylene dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, kebingungan, kehilangan koordinasi otot bahkan kematikan. Demikian yang dinyatakan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan