Instagram Luncurkan Fitur Moderator, Begini Cara Menggunakannya!

0
62
Voice Messages
Foto: Unsplash/ Kate Torline

Gadgetdiva.id — Instagram baru saja meluncurkan fitur Moderator secara global pada Jumat (11/3) kemarin. Fitur ini berguna untuk membantu pengguna Instagram menciptakan pengalaman Live yang lebih aman dan nyaman.

Mengingat penggunanya memanfaatkan fitur Live untuk mengekspresikan diri, Instagram akhirnya menghadirkan fitur Moderator. Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik menyatakan bahwa fitur ini bertugas untuk memitigasi berbagai macam bentuk tindak pelecehan dan perundungan yang terjadi selama Live berlangsung.

“Kami mengerti pentingnya ruangan virtual yang positif bagi pengguna Instagram, khususnya para kreator, dan kami berharap para kreator dapat lebih fokus terhadap kualitas konten yang dibagikan saat Live dengan adanya fitur baru ini,” tambah Putri yang dikutip dari sebuah rilis yang diterima oleh Gadgetdiva hari ini (12/3). 

Fitur Moderator
Unsplash/Thought Catalog

Cara menggunakan fitur Moderator Instagram

Paradiva dapat memilih siapapun yang kamu percayai untuk menjadi moderator, terpelas dari orang tersebut merupakan pengikutmu maupun tidak. Moderator yang terpilih dapat membantu melaporkan komentar sensitif, membungkam komentar yang dianggap kurang pantas atau bahkan menghapus penonton yang menunjukkan perilaku tidak wajar agar sesi Live berjalan dengan baik.

Paradiva dapat menunjuk Moderator selama Live dengan dua cara:

  1. Ketuk ikon tiga titik (“…”) di kolom komentar dan pilih fitur “Tambahkan Moderator”. Kreator dapat mencari username secara spesifik atau langsung menambahkan Moderator dari daftar “Disarankan”, lalu ketuk tombol “Tambahkan”.
  2. Setelah itu, pemberitahuan konfirmasi akan muncul di layar dan menjelaskan peran Moderator secara singkat. Paradiva dapat mengetuk tombol “Konfirmasi” untuk menyelesaikan proses penunjukkan.
  3. Ketuk tombol “call-to-action” untuk menambahkan Moderator selama Live, jika kreator belum melakukan langkah pertama.
  4. Saat mengetuk tombol “call-to-action”, layar akan beralih ke lembar penonton di mana kreator dapat memilih salah satu username. Ketuk fitur “Tambahkan Moderator” dan kreator akan menerima pemberitahuan konfirmasi.
  5. Kreator dapat menghapus Moderator kapan saja dengan membuka lembar penonton, ketuk username Moderator, lalu pilih fitur “Hapus sebagai Moderator”. 
  6. Moderator akan muncul di daftar penonton paling atas dengan teks pendamping “Moderator”.
  7. Setelah Live berakhir, kreator dapat meninjau tindakan yang sudah dilakukan oleh Moderator dan mengambil beberapa langkah tambahan sebagai berikut:
  • Blokir penonton.
  • Hapus penonton sebagai pengikut.
  • Sembunyikan video siaran langsung dari penonton.

Nah, selamat mencoba fitur Moderator Instagram ya, Paradiva!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini