Navigasi Galaxy S23 Series 5G Lebih Mudah Pakai Swipe Gesture

0
swipe gesture

Gadgetdiva.id — Para pengguna Galaxy S23 Series 5G dijamin akan semakin asik dengan perangkatnya karena Swipe Gesture. Fitur ini merupakan salah satu andalan yang dibawa oleh One UI 5.1 di perangkat tersebut.

One UI 5.1 merupakan sistem antarmuka terbaru dari Samsung yang menggunakan basis sistem operasi Android 13. Kini, dengan One UI 5.1, Samsung menghadirkan sejumlah fitur yang lebih memudahkan pengguna untuk melakukan personalisasi perangkat sesuai dengan kepribadiannya, termasuk fitur Swipe Gesture.

Swipe Gesture berada di dalam menu Samsung Lab, yang merupakan wadah bagi samsung untuk memperkenalkan fitur-fitur baru mereka yang masih dalam tahap eksperimental atau uji coba. Biasanya, fitur-fitur ini mampu meningkatkan produktivitas dan multitasking para pengguna perangkat Samsung.

swipe gesture

Fitur dalam Samsung Lab di antaranya seperti pengaturan S Pen, Tombol Samping, Gerakan dan Gsture (Swipe and Gesture), Mode Satu Tangan, Saran Pintar, Gambar Layar dan Perekam Layar, Tampilkan Kontak Ketika Berbagi Konten, Efek Panggilan Video, Game Launcher, Kecerahan Video, dan Dual Messenger.

Salah satu fitur dalam Samsung Lab tersebut adalah Swipe Gesture. Ini adalah hal ter-simple yang dilakukan di Galaxy S23 Series 5G. Selain juga menjadi alternatif navigasi selain menggunakan tombol virtual.

Pengguna smartphone sudah terbiasa dengan adanya tombol virtual yang letaknya ada di bagian bawah layar. Umumnya, tombol-tombol virtual ini berfungsi untuk mengakses recent app (aplikasi terkini), home (beranda) dan back (kembali).

Untuk kondisi tertentu, kehadiran tombol virtual ini justru kerap merepotkan ketika akan mengakses menu. Dengan menggantinya menggunakan swipe gesture, area layar jadi terlihat lebih luas dan tentunya akan lebih memudahkan untuk menelusuri antarmuka perangkat.

Untuk mengaktifkan swipe gesture di navigasi, khususnya di Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, cukup masuk ke menu Pengaturan > Fitur Lanjutan > Gerakan dan Gesture. Selanjutnya, Anda tinggal memilih Swipe gestures dan lakukan pengaturan tambahan sesuai kebutuhan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan Swipe Gesture seperti:

1. Mengaktifkan layar ketika ponsel diangkat.
2. Ketuk 2x untuk menghidupkan layar
3. Ketuk 2x untuk mematikan layar
4. Buat layar tetap hidup saat melihat
5. Peringatkan saat ponsel diangkat. Artinya, saat akan ada panggilan masuk, telepon akan terlebih dulu bergetar.
6. Heningkan panggilan masuk dan alarm dengan meletakkan tangan di atas layar atau menelungkupkan ponsel.
7. Untuk mengambil gambar layar (screenshot), bisa dilakukan dengan mengusap ujung tangan di sepanjang layar.

Silakan mencoba!

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan