Aplikasi

Berusia 20 Tahun, Facebook Semakin Ditinggal Anak Muda

post-img

Source : gadgetDiva

GadgetDivaFacebook semakin ditinggalkan oleh pengguna remaja. Menurut sebuah survei dari organisasi riset Pew tahun 2023, hanya sepertiga remaja Amerika Serikat yang mengaku masih menggunakan platform tersebut.

Sebagai perbandingan, jumlah orang dewasa di AS menyatakan bahwa mereka menggunakan Facebook relatif tetap sejak tahun 2016. Yakni, sekitar 68%.

Facebook sempat populer pada awal pembentukannya di tahun 2004. Aplikasi ini berhasil mengumpulkan 50 juta pengguna dalam kurun waktu tiga tahun pertama hingga kini memiliki 3,2 miliar pengguna di seluruh dunia.

Namun, seiring berjalannya waktu, aplikasi tersebut menjadi kurang menarik di kalangan pengguna muda. Hal tersebut otomatis turut menjadi konsentrasi para pengiklan yang berperan besar atas penjualan iklan di Meta.

Dalam acara perayaan ulang tahun Facebook yang ke-20 tahun, Facebook membeberkan lebih dari 40 juta pengguna dalam rentang usia 18-29 tahun memeriksa Facebook setiap harinya. Pengguna tersebut berasal dari Amerika Serikat dan Kanada.

Meta memetakan adanya pertumbuhan aplikasi yang sehat selama lima kuartal. Kendati demikian, Facebook berkomitmen untuk tetap berevolusi supaya relevan bagi generasi berikutnya.

"Untuk siapakah Facebook? Apakah untuk orang tua saya?" ungkap Head of Facebook Tom Alison yang dikutip dari Reuters pada Selasa (4/6).

Alison turut membeberkan perilaku pengguna muda saat menggunakan Facebook. Ditemukan bahwa mereka menggunakan platform tersebut untuk menggunakan bagian-bagian seperti Marketplace, Grup dan Kencan.

Lebih lanjut, beberapa dari mereka juga turut melihat Feeds atau Reels yang ada pada platform tersebut.

“Begitu mereka berada di Facebook, mereka membuka dan melihat hal-hal yang terjadi di Feed atau dari Reels,” tandasnya, mengacu pada produk video pendek Meta yang mirip TikTok.

Facebook sendiri kini telah berusia 20 tahun di asrama Universitas Harvard. Platform tersebut didirikan oleh Mark Zuckerberg.

Sejak pertama kali diluncurkan, penyebaran Facebook di generasi muda saat itu cukup pesat. Aplikasi tersebut bahkan menjadi platfrom komunikasi massa standar bagi para generasi pengguna internet.

Instagram Perluas Fitur Limits untuk Pengguna Remaja
Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Bahasa Indonesia Resmi Masuk Aplikasi Gemini AI
Aplikasi

Bahasa Indonesia Resmi Masuk Aplikasi Gemini AI

Google resmi membawa bahasa Indonesia ke aplikasi generatif AI-nya, Gemini. Aplikasi tersebut kini d..

Instagram Perluas Fitur Limits untuk Pengguna Remaja
Aplikasi

Instagram Perluas Fitur Limits untuk Pengguna Remaja

Instagram memperluas fitur Limits khusus untuk para remaja di platformnya. Fungsinya ialah untuk mel..

Microsoft Copilot Telah Hadir di Telegram
Aplikasi

Microsoft Copilot Telah Hadir di Telegram

Kehadiran Copilot di Telegram dapat digunakan pengguna untuk berbicara dengan chatbotAI. Sehingga, s..

TikTok Ad Awards 2024 Pertama Kali Digelar di Indonesia
Aplikasi

TikTok Ad Awards 2024 Pertama Kali Digelar di Indonesia

TikTok Ad Awards 2024 resmi digelar pertama kalinya di Asia Tenggara. Ajang ini diikuti oleh berbag..


;