Penjualan Produk Lokal Makin Laris di Tokopedia, Naik 9 Kali Lipat

0
Tokopedia

Gadgetdiva.id — Tokopedia mencatat kenaikan penjualan produk lokal di platformnya selama kampanye Beli Lokal sepanjang Ramadan-Lebaran 2024. Kenaikan tersebut terjadi sebesar 9 kali lipat.

“Kampanye Beli Lokal membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” ucap E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia Nuraini Razak pada konferensi pers di Jakarta pada Kamis (25/4).

Tokopedia

Platform tersebut turut mencatat volume pesanan yang terjadi selama kampanye Beli Lokal di TikTok Shop meningkat sebesar 2,5 kali lipat di bulan Februari 2024. Kenaikan tersebut dibandingkan dengan rata-rata volume pesanan pada September 2023.

Sementara itu, Tokopedia juga mencatat adanya kenaikan penjualan pada produk groceries dan elektronik masing-masing kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari hingga 5 April 2024. Sedangkan, produk fesyen melonjak hampir 2,5 kali lipat.

Di samping itu, penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat di TikTok Shop. Angka tersebut meningkat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.

Adapun beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024 di pulau Sumatra dan Jawa adalah Groceries, Rumah Tangga dan Fashion. Sedangkan, di pulau Kalimantan, beberapa kategori yang terlaris adalah Elektronik, Groceries dan Rumah Tangga.

Tokopedia

Di sisi lain, di pulau Sulawesi, Tokopedia mencatat kategori yang laris manis adalah Groceries, Elektronik dan Fashion. Di pulau Papua, kategori Elektronik, Groceries serta Olahraga dan Hobi adalah beberapa kategori yang terlaris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.

Produk Fashion Muslim Perempuan, Skincare dan Makanan Ringan menjadi kategori yang paling diburu masyarakat pada peride yang sama di TikTok Shop. Lebih lanjut, Nuraini mengungkap bahwa TikTok Shop dan Tokopedia kini telah memiliki lebih dari 21 juta penjual pada platformnya.

“Peluang dari momen Ramadan-Lebaran 2024 dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok untuk semakin gencar berkolaborasi demi menghadirkan banyak inisiatif, mulai dari Beli Lokal hingga Ramadan Ekstra Seru, yang dapat mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia, terutama brand lokal agar menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” tandasnya.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan